Share
Masih Jarang Diketahui, Inilah Manfaat Lobak Putih untuk Kesehatan
Dewi Anggriani Siregar
05 January 2024

Lobak merupakan salah satu jenis sayuran yang miliki segudang manfaat untuk tubuh.


Termasuk dalam famili Cruciferae, lobak merupakan jenis sayuran yang berasal dari daerah Asia dan Eropa. Sayuran yang satu ini memiliki nama latin Raphanus sativus dan memiliki bentuk yang serupa wortel namun lebih berisi. Lobak memiliki berbagai jenis yang didasari dengan warna umbinya, salah satunya adalah lobak putih. Tak hanya nikmat untuk diolah menjadi berbagai macam masakan, lobak ternyata menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan.

JENIS LOBAK

Lobak putih memiliki kandungan kalsium, potasium, magnesium, dan tembaga. Selain itu, lobak putih juga kayak akan antioksidan di antaranya katekin, pirogalol, asam vanilat, dan senyawa fenolik lainnya. Berikut adalah manfaat lobak putih bagi kesehatan dilansir dari berbagai sumber.

LOBAK PUTIH

Mengontrol Gula Darah

Lobak putih memiliki kandungan anti-diabetes, yaitu glucosinolate dan isothiocyanate yang mampu membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Meningkatkan Fungsi Hati

Dilansir dari Halodoc, manfaat lainnya dari lobak putih adalah mampu meningkatkan fungsi hati. Hal ini disebabkan karena lobak putih mengandung indole-3-carbinol dan 4-methylthio-3-butenyl-isothiocynate yang mampu membantu detoksifikasi hati dan memnyembuhkan kerusakan senyawa.

Menurunkan Berat Badan

Lobak putih memiliki kandungan serat yang dapat menyehatkan saluran pencernaan dan mencegah konstipasi. Kandungan serat tersebut juga dapat membuat Anda merasa kenyang jauh lebih lama sehinggan baik dikonsumsi ketika Anda tengah menjalankan diet.

Atasi Gangguan Usus

Seperti yang telah disebutkan, lobak memiliki serat yang tinggi dan dapat mengurangi risiko masalah pada usus seperti divertikulitis.

Meningkatkan Sistem Imun

Mengonsumsi lobak juga dapat meningkatkan sistem imun pada tubuh. Hal ini dikarenakan lobak yang memiliki kandungan vitamin C tinggi sehingga dapat membantu melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit.