Share
Maria Salud Ramirez Caballero, Sosok yang Menginspirasi Karakter Mama Coco Meninggal Dunia
Dewi Anggriani Siregar
18 October 2022

Penggemar film animasi Coco dan dunia hiburan turut berduka. Pasalnya, sosok yang menginspirasi karakter Mama Coco, Maria Salud Ramirez Caballero, meninggal dunia.


Maria Salud Ramirez Caballero, wanita asal Meksiko yang disebut-sebut menjadi inspirasi dari film Coco serta karakter salah satu tokoh penting dalam film tersebut. Maria menutup usia di kota kelahirannya, Santa Fe de la Laguna dalam usia 109 tahun.

Dalam kehidupan nyata, Maria bekerja sebagai seorang pengrajin tanah liat dan tembikar keramik yang kemudian ia jual kepada penduduk setempat. Film Coco sendiri merupakan film yang menceritakan tentang seorang anak 12 tahun bernama Miguel yang ditentang oleh keluarganya untuk bermain musik. Karakter Mama Coco ini dikisahkan sebagai nenek buyut Miguel yang hampir kehilangan seluruh ingatannya.

Meski Disney dan Pixar tidak pernah menyampaikan secara langsung bahwa Maria Salud Ramirez Caballero adalah sosok di balik tokoh mama Coco, namun film Coco dan sosok tersebut pernah menjadi fenomenal di kalangan para penggemar dan penikmat setia film Coco karena kemiripan wajah dan banyaknya kesamaan di antara keduanya.

Berita duka tersebut disampaikan secara langsung oleh Sekretaris Pariwisata untuk negara bagian Michoacan, Meksiko, Roberto Monroy, melalui akun Twitter pada 16 Oktober, lalu. Meski belum diketahui penyebab kematiannya, namun seluruh penggemar Coco dan netizen turut berduka dan merasa kehilangan atas kepergian Maria.