Share
Marc Marquez Alami Gegar Otak Usai Insiden Kecelakaan Highside Saat Pemanasan MotoGP Mandalika 2022
Dewi Anggriani Siregar
20 March 2022

Juara dunia MotoGP, Marc Marquez, baru saja mengalami insiden kecelakaan parah saat melakukan sesi warm up Pertamina Grand Prix of Indonesia di Sirkuit Mandalika, Lombok pada Minggu (20/3/22) hari ini.


Menjelang akhir sesi pemanasan, Marquez terjatuh highside saat berada di tikungan ke-7 dengan kecepatan sekitar 220 km per jam.

Motor Honda RCV213V yang ia tunggangi pun terlempar ke udara dan mengalami rusak parah serta membuat Marquez terpelanting keras dan terguling ke gravel. Usai insiden tersebut ia masih bisa berdiri sendiri dan berjalan sebelum pada akhirnya dilarikan ke rumah sakit.

Kecelakaan highside yang dialami Marquez ini merupakan jenis kecelakaan yang sering dialami oleh pembalap motor, yakni ban belakang motor terpeleset dan membuat pengendara kehilangan kendali saat menikung lalu terpental ke udara.

Berbeda dengan lowside, istilah kecelakaan yang satu ini menyebabkan pengendara terjatuh meluncur bersama motor yang dikendarai dan tidak menyebabkan pengendara terbanting dari motor.

Marquez dilarikan ke rumah sakit Mataram, Lombok, dan kini tengah menjalani perawatan untuk memastikan kondisi kesehatannya dan keikutsertaannya di MotoGP Mandalika 2022.

Sementara itu, MotoGP dalam laman resmi dan media sosial-nya pun mengumumkan bahwa Marc Marquez dinyatakan tidak fit untuk Grand Prix Pertamina Indonesia karena mengalami gegar otak alias head concussion pasca kecelakaan yang ia alami tersebut.