Share
Lewis Capaldi Alami Tourette Syndrome saat Bernyanyi di Tengah Konser
Dewi Anggriani Siregar
06 March 2023

Penyanyi sekaligus penulis lagu asal Skotlandia, Lewis Capaldi, baru-baru ini menghebohkan publik lantaran dirinya mengalami Tourette syndrome saat tengah tampil di Konser musik yang digelar di Jerman pada 28 Februari 2023 lalu.


Beberapa waktu yang lalu, penyanyi berkebangsaan Skotlandia ini memang sempat mengumumkan bahwa dirinya mengidap Tourette Syndrome yang kerap membuatnya kesulitan bernyanyi ketika konser. Dari beberapa video yang beredar, tampak Lewis mengalami gejala Tourette syndrome tersebut saat membawakan lagu “Someone You Loved”. Tourette syndrome sendiri merupakan sebuah gangguan yang membuat penderitanya melakukan tic, yaitu gerakan atau ucapan berulang yang di luar kendali.

Dalam video tersebut, Lewis tampak berusaha mengendalikan gangguan tersebut. Ia bahkan sempat memalingkan wajah dari mikrofon dan berusaha mengontrol diri. Melihat kejadian tersebut, para penonton yang hadir pun sontak memberikan semangat dengan ikut bernyanyi dan melantunkan lagu tersebut bersama-sama.

Melalui akun TikTok-nya, Lewis kemudian memberikan pernyataan terkait kondisi kesehatan bahwa dirinya mengidap Tourette syndrome yang kerap kambuh saat dirinya merasa kelelahan, gugup, atau bahkan terlalu bersemangat. Mengalami gangguan tic saat tengah bernyanyi ternyata tidak lantas memudarkan semangatnya bahkan suara dan lantunan nada penyanyi berusia 26 tahun itu tetaplah indah dan berhasil membuat para penonton terkesan.