Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Lakukan Hal ini untuk Jaga Pola Makan dan Tetap Sehat saat Lebaran

Wine & Dine03 May 2022

By Dewi Anggriani Siregar

Lakukan Hal ini untuk Jaga Pola Makan dan Tetap Sehat saat Lebaran

Selama satu bulan lamanya umat muslim menjalankan ibadah puasa dengan pola dan waktu makan yang teratur yakni saat sahur dan berbuka. Setelah bulan puasa berakhir, kita akan dihadapkan pada hari raya Idul Fitri, hari yang ditunggu-tunggu seluruh umat muslim di dunia.


Saat hari raya Idul Fitri tiba, kita tentu akan kembali pada pola makan seperti hari-hari biasanya. Bahkan terkadang kita lupa mengontrol pola makan akibat hidangan-hidangan nikmat yang disajikan di hari raya. Meski menyantap hidangkan special khas lebaran menjadi salah satu momen yang sangat ditunggu-tunggu, Anda jangan sampai terlena dan usahakan untuk tetap menjaga kesehatan dengan memerhatikan makanan dan minuman yang Anda konsumsi saat lebaran.

Tetap Konsumsi Sayur dan Buah

Meski ada banyak hidangan menarik lainnya yang disajikan saat lebaran, jangan sampai Anda lupa untuk tetap mengonsumsi buah dan sayur guna memenuhi asupan serat, vitamin dan mineral.

Batasi Konsumsi Santan dan Porsi Makan

Berbagai hidangan mengandung santan yang dihidangkan saat lebaran memang sangat menggugah selera. Jangan khawatir, Anda tetap bisa mengonsumsi hidangan-hidangan nikmat tersebut dengan pori yang kecil dan tidak berlebihan agar tidak kelebihan asupan lemak jenuh yang tidak baik untuk kesehatan.

Tetap Konsumsi Air Putih dan Batasi Konsumsi Minuman Manis

Tentu akan sangat mudah menemukan minuman manis dan bersoda saat lebaran. Meski begitu, Anda tetap harus memerhatikan asupan air putih harian yang Anda konsumsi agar tetap terhidrasi, karena minuman manis dan bersoda juga memiliki kalori yang besar.

Tetap Berolahraga

Menjaga kondisi badan agar tetap fit sangatlah penting. Meskipun di tengah kesibukan momen-momen lebaran, usahakan Anda tetap konsisten berolahraga meskipun dalam durasi yang singkat. Anda bisa berolahraga di waktu pagi sebelum memulai aktivitas dan kegiatan.