Share
Lakukan Beberapa Hal Penting ini untuk Meningkatkan Kualitas Tidur di Malam Hari
Dewi Anggriani Siregar
25 March 2022

Tidur merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi manusia. Kekurangan waktu tidur dapat berakibat fatal terhadap kesehatan tubuh. Kurang tidur dapat menurunkan tingkat konsentrasi, penurunan daya pikir dan kemampuan bekerja.


Orang dewasa harus tidur selama 7-9 jam per malam, meski kebutuhan ini sebenarnya cukup bervariasi untuk masing-masing individu. Namun, Anda atau orang-orang terdekat Anda mungkin masih suka mengabaikan waktu tidur. Terkadang kita tidak memiliki waktu tidur yang cukup dikarenakan kesibukan kita dalam bekerja, mengurus rumah tangga, mengerjakan tugas sekolah, dan sebagainya.

Kesibukan-kesibukan inilah yang pada akhirnya membuat kita memiliki waktu tidur yang singkat setiap harinya. Namun, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat tidur singkat Anda menjadi bekualitas.

Tidur dalam Kondisi yang Gelap

Suasana adalah satu hal yang memengaruhi kualitas tidur Anda. Buatlah kondisi kamar Anda senyaman mungkin. Suasana kamar yang nyaman dan gelap dapat memberi sinyal ke otak bahwa itu adalah saat di mana Anda harus tidur. Selain itu, kondisi kamar yang gelap juga akan memicu produksi hormon melatonin yang dapat memicu rasa kantuk.

Jauhkan dari Perangkat Elektronik

Ponsel adalah salah satu benda yang bisa membuat Anda menunda-nunda tidur. Selain itu, perangkat elektronik sepeti gadget mengeluarkan blue light yang dapat menekan produksi hormon melatonin ketika kamar Anda berada pada kondisi yang gelap.

Lakukan Relaksasi

Ada baiknya sebelum tidur Anda melakukan relaksasi. Mengatur napas secara rutin sebelum tidur dapat membuat kondisi tubuh Anda menjadi lebih tenang dan menghilangkan kecemasan yang sedang menganggu pikiran.

Hindari Kafein dan Alkohol

Kopi mengandung alkohol yang akan membuat Anda menjadi lebih sulit tidur. Selain kopi, alkohol juga dapat membuat kualitas tidur menurun dan dan menganggu siklus tidur.

Batasi Tidur Siang

Tidur siang memang baik untuk tubuh. Namun tidur siang yang terlalu lama dapat membuat Anda kesulitan untuk tidur pada malam hari. Anda sebaiknya membatasi waktu tidur siang Anda tidak lebih dari 20 menit.