Lakukan 5 Tips ini Agar Bouquet Bunga Asli Tidak Mudah Layu
Dewi Anggriani Siregar
13 March 2022

Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar bouquet bunga asli Anda lebih awet dan tidak cepat layu.


Mendapat bouquet bunga asli tentu menjadi sesuatu yang menyenangkan dan berkesan. Apalagi jika bunga tersebut adalah pemberian dari orang tersayang ataupun hadiah ulang tahun, pernikahan, kelulusan, atau pertunangan.

Sayangnya, bouquet bunga asli ini tidak memiliki umur yang panjang dan cepat layu sebab dirangkai tanpa akar. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memperpanjang umur bunga Anda agar bisa lebih bertahan lama.

1. Mengganti Air Setiap Hari

Rajin mengganti air di dalam vas bunga asli Anda dapat membantu mempertahankan kesegaran bunga dan menghindari bau yang berasal dari batang bunga tersebut. Sebaiknya mengisi sebanyak tiga perempatnya dengan air keran yang dingin sebelum memajang bunga Anda di vas.

2. Hindarkan Dari Cahaya dan Matahari Langsung

Usahakan untuk tidak menempatkan vas bunga asli Anda ke tempat yang terkena cahaya matahari langsung. Hal tersebut dapat mempercepat proses pembusukan dan membuat bunga mudah layu, karena batang yang baru dipotong ternyata juga sangat peka terhadap cahaya. Jadi sebaiknya Anda meletakkan bunga pada suhu ruangan normal.

3. Perhatikan dan Potong Bagian yang Layu

Apabila sudah terdapat bagian layu pada daun ataupun bunga, sebaiknya Anda segera memotong bagian tersebut. Bunga dapat melepaskan gas etilen yang dapat mempercepat proses pembusukan.

4. Pangkas Tangkai Bunga

Potong tangkai bunga secara miring sepanjang 1 cm setiap hari. Memangkas batang bunga setiap hari memungkinkan bunga terhidrasi dengan lebih efisien.

5. Gunakan Pengawet Bunga

Anda bisa membuat pengawet bunga alami dari cuka, gula, air lemon dengan komposisi 2 sdm dengan 1 liter air. Jika tidak ingin repot, Anda juga dapat membeli pengawet bunga yang dijual di toko-toko bunga.