Share
Kuliner di Pantjoran PIK yang Wajib Dicoba, Harga Mulai Rp 20 Ribuan
Nabilla Chika Putri
09 March 2023

Apakah anda termasuk orang yang suka menikmati kuliner sembari berburu spot foto kekinian? Jika iya, Pantjoran Chinatown atau Panjtoran PIK (Pantai Indah Kapuk) mungkin bisa menjadi salah satu list yang wajib Anda kunjungi.


Tempat yang satu ini tidak akan pernah kehabisan rekomendasi makanan khususnya bagi Anda para pecinta kuliner. Berlokasi di Golf Island, Pantjoran PIK didesain menyerupai Chinatown dan dipenuhi dengan segudang kuliner yang siap memanjakan lidah.

Berbagai makanan dan minuman ditawarkan sepanjang jalan, mulai dari jajanan kaki lima yang ramah kantong sampai kuliner yang lagendaris semua tersedia disini. Buat Anda yang masih bingung memilih kuliner apa yang harus Anda coba, berikut beberapa kuliner yang khas dan wajib Anda coba saat berada di Panjtoran PIK.

1. Kwetiau 28 AHo

Kwetiau 28 AHo sudah ada sejak tahun 1977 di Jalan Mangga Besar Raya. Menu yang selalu menjadi andalan adalah kwetiau siram, nasi goreng dan kwetiau goreng daging sapi. Rasa yang enak dengan toping yang melimpah telah membuat banyak orang suka. Restoran ini juga sudah mendapatkan sertifikat halal sejak tahun 2018. Harga satu porsi di Kwetiau 28 AHo mulai dari Rp30 ribu.

2. Choipan Amah Lie

Bagi Anda yang belum pernah mencoba choipan, ini merupakan tempat yang tepat. Disini Anda dapat mencoba chopian dengan rasa yang berbeda dari yang lain. choipan Amah Lie memiliki ukuran yang besar, kulit yang tipis, isian yang banyak serta rasa yang membuat anda ketagihan. Jika Anda ingin mencoba menu favorit, Anda bisa memesah choipan bengkuang ebi yang sering menjadi pilihan banyak orang dengan harga mulai dari Rp35 ribu.

3. Kopi Es Tak Kie

Kedai ini telah ada sejak tahun 1927 dan sudah bertahan selama tiga generasi. Kedai aslinya berada di Jakarta Barat, dan hanya memiliki dua jenis menu kopi yaitu kopi susu dan kopi hitam. Bagi Anda yang ingin menikmati segelas Kopi Es Tak Kie yang lagendaris ini tidak perlu jauh-jauh karena sudah tersedia di Pantjorak PIK dengan harga mulai dari Rp20 ribu.

4. Squid World

Jika Anda berkunjung ke Pantjoran PIK Chinatown, salah satu snack yang dapat anda cicipi adalah makanan khas Taiwan yang satu ini, fried giant squid. Tersedia dalam bentuk cumi goreng atau cumi panggang. Selain itu tersedia juga menu lainnya yaitu baby crab dan ayam. Anda dapat memilih berbagai varian rasa sesuai selera dengan harga makanan mulai dari Rp35 ribu.

5. Chi Chong Fan Pluit Sakti

Chi chong fan merupakan makanan yang terbuat dari tepung beras lalu disiram dengan minyak wijen, kecap asin dan ditaburi bawang goreng yang melimpah. Chi Chong Fan Plui Sakti yang berada di Pantjoran PIK memiliki dua saus yang dapat Anda pilih yaitu saus asin dan saus manis. Anda juga dapat memesan menu lainnya seperti bakso goreng dan lumpia goreng. Harga satu porsi chi chong fan dijual Rp25 ribu.

6. Kari Lam

Kari Lam merupakan makanan lagendaris yang berada di Glodok kini dapat Anda nikmati juga di Pantjorak PIK. Restoran spesialis kari ayam ini selalu bisa membuat Anda tergiur dengan aroma yang menggoda, kuah kari santan yang menarik dan rasa yang nikmat. Disini Anda juga bisa menjajal menu kari ayam kampung dan kari sapo yang merupakan salah satu menu andalan. Kuah kari yang pas dilidah, tidak begitu strong sehingga membuat Anda tidak enek dan harga yang ditawarkan mulai dari Rp40 ribu.

7. Wong Fu Kie

Wong Fu Kie merupakan restoran Hakka tertua yang berada di Jakarta yang telah berdiri sejak tahun 1925. Tidak heran jika banyak pelanggan setia dan sangat terkenal di kalangan pecinta masakan Chinese. Menu yang menjadi favorit adalah Mun Kiaw Mien yang kabarnya tidak ada lagi penjual yang menjual hidangan ini kecuali di Wong Fu Kie. Menu favorit lainnya adalah Lindung Cah Fumak, yaitu menyajikan belut goreng dengan sayuran fumak dan beras angkak. Menu yang dijual Non-Halal dengan harga satu porsi hidangan yang ditawarkan berkisar Rp60 ribu.

8. Jumbo Dessert

Es serut dengan porsi jumbo dan menyajikan isian yang beragam, Jumbo Dessert selalu menjadi pilihan para pengunjung. Isian yang dapat Anda pilih mulai dari kacang-kacangan, buah-buahan dan aneka jelly serta aneka sirup berwarna warni dapat Anda nikmati ketika udara sedang panas-panasnya dan menjadi menu yang paling mencolok siapapun yang melihatnya. Harga untuk satu porsinya dijual mulai dari Rp30 ribu.

Itulah beberapa rekomendasi kuliner yang bisa Anda coba ketika berada di Pantjorak PIK. Bagi Anda yang ingin berkunjung tempat ini buka mulai pukul 7 pagi hingga 11 malam. Selain mencoba berbagai makanan dan minuman yang dijual, Anda dapat menikmati hiburan lain seperti live music, barongsai, music guzheng, hingga pertunjukan tai chi.