Share
Kualitas Udara Memburuk, Simak Beberapa Tips Lindungi Kulit dari Paparan Polusi Tingkat Tinggi
Dewi Anggriani Siregar
23 August 2023

Kualitas udara Jakarta yang kian memburuk kini tentu menjadi momok bagi kita semua.


Dikutip dari Okezone.com, Indonesia menempati posisi No. 1 sebagai negara paling berpolusi se-Asia Tenggara. Faktanya, menurut data IQAir, selain Jakarta, kota besar dengan tinggi polusi tinggi di Indonesia adalah Surabaya, Bandung, dan Semarang.

JAKARTA

Tidak hanya mampu memperburuk kondisi tubuh dan saluran pernafasan, kondisi ini juga dapat menimbulkan dampak serius pada kulit. Paparan polisi tingkat tinggi ini dapat memberikan dampak negatif pada kulit salah satunya adalah penuaan dini serta berbagai permasalahan kulit lain seperti jerawat, kanker kulit, eksim, terlebih jika Anda adalah orang yang selalu aktif beraktivitas dan berada di luar ruangan. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk melindungi kulit dari polusi.

POLUSI

Tetap Terhidrasi

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh merupakan salah satu hal terpenting untuk melindungi kulit dari cuaca buruk Jakarta. Pastikan tubuh Anda tetap terhidrasi untuk memperkuat skin barrier sehingga kulit tidak gampak kering, iritasi, bahkan meradang.

Penggunaan Sunscreen

Sunscreen merupakan salah satu step skincare yang tidak boleh Anda lewatkan setiap harinya. Polusi udara yang dikombinasikan dengan sinar UVA dapat memperburuk kondisi kulit.

Eksfoliasi dan Bersihkan Muka

Polusi udara Jakarta dapat menyebabkan penumpukan kotoran pada pori-pori wajah yang menimbulkan berbagai permasalahan kulit. Untuk mengindari hal tersebut, pastikan Anda selalu membersihkan wajah Anda setelah selesai beraktivitas di luar ruangan atau di malam hari sebelum Anda memulai semua step skincare. Tidak hanya itu, Anda juga perlu melakukan eksfoliasi apabila dirasa telah perlu untuk mengangkat sel-sel kulit mati sehingga wajah tetap bersih, sehat dan ternutrisi.

Hindari Matahari Langsung

Di saat cuaca udara buruk seperti ini, Anda sebaiknya mempertimbangkan untuk bepergian ke luar rumah apabila tidak ada hal yang dirasa perlu. Sebisa mungkin hindari paparan matahari langsung dengan menggunakan pakaian pelindung ataupun masker wajah yang dapat membantu menutupi kulit Anda.