Share
Kolaborasi Sustainable Fashion dan Kain Tenun Batak Lewat Koleksi Resort Wear
Putrika Annaya Salsabila
10 August 2023

Melestarikan budaya Indonesia sekaligus mengedepankan sustainable fashion, Tobatenun bersama Jabu Borna hadir dengan koleksi resort wear bertajuk “Terbit”.


Bukan hanya fokus pada kreativitas, kali ini Tobatenun mendorong mengoptimalkan pertumbuhan industri kreatif Indonesia dengan berkontribusi dalam dunia sustainable fashion. Bersama Rumah Pewarnaan Alam Jabu Borna, Tobatenun merilis koleksi resort wear bertajuk “Terbit” dengan teknik pencelupan dan pewarnaan alam.

Dengan desain yang kasual dan cocok untuk di daerah tropis, koleksi “Terbit” menciptakan warna-warna cantik yang terinspirasi dari keindahan langit di pagi hari. Warna-warna tersebut juga sudah melewati proses pengembangan dengan menggunakan pewarna alami.

Tobatenun 1

Lewat perpaduan warna-warna alam dalam koleksi ini, Tobatenun berusaha membantu pengembangan dan penyaluran kreativitas para mitra pewarna alam yang tergabung di Rumah Pewarnaan Alam Jabu Borna.

Teknik yang digunakan juga berbagai macam seperti teknik pencelupan dan pewarnaan alam yang dipadukan dengan potongan-potongan kain tenun Batak.

Melalui koleksi “Terbit”, Tobatenun berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat dan mengajak masyarakat untuk membeli pakaian yang ramah lingkungan.

Tobatenun 2

Bukan hanya itu, Tobatenun berkomitmen untuk tidak hanya berfokus pada aspek bisnis, tapi juga membangun dan mengembangkan komunitas. Hal tersebut diwujudkan lewat kehadiran rumah komunitas, yaitu Jabu Bonang dan Jabu Borna, yang menjadi pijakan utama dalam melaksanakan program-program pemberdayaan.

Hasil kolaborasi antara Tobatenun dan rumah komunitas Jabu Bonang juga dipamerkan dengan bangga lewat karya-karya tenun kreasi bertajuk “Pancarona”.

Bagi Tobatenun, budaya harus terus berkembang dan berevolusi agar tetap lestari. Oleh karena itu, mengangkat kreativitas penenun menjadi salah satu upaya Tobatenun dalam mengembangkan dan mempertahankan seni tradisi bertenun.