Share
Kolaborasi Art Jakarta dan Plataran Indonesia Hadirkan Pameran Seni dengan Konsep Segar dan Inovatif
Dewi Anggriani Siregar
22 April 2022

Memadukan presentasi karya seni di dalam dan di luar ruangan, Art Jakarta melalui Art Jakarta Gardens menghadirkan konsep seni yang segar dan inovatif. Beragam karya ditampilkan pada pameran seni yang digelar di Hutan Kota by Plataran, Jakarta, 7-14 April 2022 lalu.


Di ruang terbuka hijau inilah Anda bisa berjalan-jalan menyusuri jalan setapak Hutan Kota Gelora Bung Karno sembari menikmati pemandangan sejumlah karya seni dari para seniman Tanah Air hingga mancanegara yang akan memanjakan mata.

Area taman di sekitaran Hutan Kota pun berhasil disulap sedemikian rupa dengan sejumlah karya seni patung dan instalasi ruangan yang menarik. Selain itu, Art Jakarta Gardens juga menyediakan dua tenda khusus untuk menampung 20 galeri seni rupa.

Dari Indonesia sendiri, galeri seni rupa yang hadir yakni, ROH, Jakarta; Artsociates, Bandung; Kohesi Initiatives, Yogyakarta. Sementara dari mancanegara turut hadir, Gajah Gallery, Singapura dan A+ Works of Art, Kuala Lumpur.

Sejumlah galeri-galeri ini menghadirkan karya-karya terbaik dari para seniman yang mereka wakili. Contohnya, karya-karya Dwi Sasono yang dibawa oleh D Gallerie, Gabriel Aries yang dihadirkan oleh Rachel Gallery, Aaron Taylor Kuffner yang dipamerkan oleh ISA Art and Design, dan Adi Gunawan yang ditampilkan oleh ArtSerpong Gallery.

Art Jakarta juga menghadirkan karya khusus seperti Museum of Toys yang merupakan hasil kerja sama dengan Roby Dwi Antono—perupa muda yang saat ini sedang naik popularitasnya di dunia internasional. Sementara Kabelindo, mitra teknis Art Jakarta Gardens, mengajak perupa asal Yogyakarta, Afdahl, untuk menghadirkan karyanya yang khusus dibuat untuk Art Jakarta Gardens.

Perhelatan seni ini pun turut dihadiri oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo. Dirinya menyampaikan respon serta dukungan positifnya terhadap inovasi dan kolaborasi luar biasa antara Art Jakarta dengan Plataran Indonesia.

“Tahun ini dengan situasi yang lebih baik, saya senang sekali bahwa Art Jakarta Gardens 2022 bisa dilaksanakan secara fisik dengan menerapkan protokol kesehatan dan bahkan menggunakan konsep semi-outdoor yang pastinya lebih baik dari segisirkulasi udara. Apalagi tempatnya di Plataran Hutan Kota yang sangat luas. Jadi target 8000 pengunjung dari tgl 7-14 April, saya yakin bisa sukses dan berjalan dengan baik. Kita juga berharap bersama, kehadiran art fair ini bisa meningkatkan apresiasi publik dan transaksi terhadap karya seni rupa, dan juga bisa menarik wisatawan khususnya pencinta seni kontemporer untuk datang ke Jakarta”, ungkapnya.