Share
Kisah di balik Museum Of Broken Relationships Yang Menceritakan Tentang Patah Hati
Vina Meliana
19 March 2022

Terkadang barang berharga saat bersama mantan pasangan dapat mengingatkan tentang memory di masa lalu yang membuat Anda sulit melepaskannya. Museum Of Broken Relationships merupakan tempat yang cocok untuk menyimpan barang berharga dengan mantan pacar.


Putus cinta merupakan salah satu hal yang menyakitkan karena hal tersebut yang membuat Anda harus menerima keputusan untuk berpisah. Maka belajar untuk move on adalah sebuah solusi yang terbaik. Anda juga harus mulai mengatur mindset bahwa berakhirnya hubungan dengan pasangan bukan selamanya berakibat buruk. Untuk sebagian orang, sebuah momen perpisahan bisa dimanfaatkan untuk memulai hal yang baru.

Salah satunya adalah ide berdirinya Museum Of Broken Relationships yang tercipta karena adanya putus hubungan. Terletak di ?irilometodska ul. 2, 10000, Zagreb, Kroasia, museum ini ramai dikunjungi wisatawan yang berada di wilayah Zagreb.

Museum Of Broken Relationships sudah berdiri sejak 2006 yang dibuat oleh Olinka Vištica dan Dražen Grubiši?. Mereka dulunya adalah sepasang kekasih yang hubungannya telah kandas. Alasan mereka membuat Museum ini karena membutuhkan tempat untuk menyimpan barang berharga mereka semasa pacaran dulu.

Ide munculnya Museum Of Broken Relationships ini, berawal dari Olinka dan Dražen yang mempunyai barang berharga yaitu sebuah pajangan kelinci. Mereka merasa perlu untuk menyimpan pajangan kelinci tersebut ditempat yang aman dan juga mudah untuk dijangkau.

"Ada satu hal yang mengingatkan tentang sebuah hubungan kita, yaitu siapa yang akan mengambil kelinci? Saat itu kami berpikir, bukankah lebih bagus jika ada tempat di mana Anda bisa menyimpannya di sebuah tempat yang lebih aman," Ungkap Dražen dalam wawancaranya dengan Atlas Obscura.

Tidak hanya barang berharga milik Olinka Vištica dan Dražen Grubiši? saja yang yang dipajang di sana. Semakin terkenal nya Museum Of Broken Relationships, wisatawan yang berkunjung pun pada akhirnya membuat isi dari Museum ini juga bertambah dari koleksi pribadi mereka.

Selain melihat barang yang dipajang, para wisatawan juga bisa melihat cerita patah hati dari barang yang disimpan di Museum Of Broken Relationships. Cerita dari masing-masing barang akan dijelaskan dalam papan tulisan yang letaknya persis di samping pajangan.

Kisah patah hati yang mereka ceritakan di Museum Of Broken Relationships ini membawa Museum Of Broken Relationships menuju pada kemenangan. Pada tahun 2010, Museum yang diciptakan oleh Olinka dan Dražen memenangkan EMYA Kenneth Hudson Award sebagai proyek Museum paling inovatif dan berani di Eropa.

Olinka dan Dražen dapat membuktikan bahwa dibalik sebuah putus hubungan yang menyakitkan, ada berkat juga yang mereka dapatkan dari hadirnya Museum yang mereka ciptakan. Selain itu, Museum Of Broken Relationships juga bisa menjadi berkat untuk orang lain yang ingin meluapkan perasaannya di sana.