Ketahui 3 Manfaat dari Melakukan Journaling Agar Lebih Mengenal Diri Sendiri
Bunga Revina
27 July 2022

Jika Anda sering merasa stress, cemas, atau overthinking, cobalah untuk sesekali melakukan aktivitas yang memiliki beragam manfaat, salah satunya journaling.


Journaling adalah praktik yang dikenal untuk menuliskan buku atau catatan harian dengan melakukan eksplorasi pikiran, perasaan, serta emosi tentang peristiwa yang terjadi di dalam hidup. Melalui tulisan ini dapat memberi beberapa manfaat yang membantu Anda lebih mengenali diri sendiri. Anda bisa menuliskannya dalam bentuk tulisan di buku, komputer, atau bahkan lewat gambar.

Selain dapat menjadi media untuk mengenal diri sendiri, terdapat beberapa manfaat journaling yang perlu Anda ketahui di bawah ini.

Mengurangi Stress dan Kecemasan

Dengan mencurahkan perasaan melalui tulisan, Anda dapat mengeluarkan segala pikiran, emosi, dan perasaan ke dalamnya. Karena itu, Anda dapat menjadi terbiasa untuk mengenali segala jenis perasaan yang sedang Anda alami. Hal itu dapat membantu Anda untuk mengurangi rasa cemas atau perasaan bingung.

Membantu Mengendalikan Emosi

Saat Anda dapat mengenal segala jenis perasaan yang Anda rasakan, Anda juga dapat lebih mudah untuk menyadari emosi yang Anda rasakan. Ketika sudah dapat mengenalinya, hal ini dapat membantu Anda untuk mengendalikannya pula.

Mengelola hidup agar lebih terstruktur

Salah satu manfaat dari melakukan journaling adalah dapat melatih Anda untuk menjadi lebih rapi dan teratur. Dengan terbiasa menulis hal-hal yang dirasakan hingga jadwal dengan mendetail, dapat membantu Anda untuk lebih lihat mengatur segala hal dengan baik. Bahkan membantu Anda mengetahui bagaimana cara terbaik diri Anda dalam menyelesaikan suatu masalah.