Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Kenali Perbedaan Purging dan Breakout serta Cara Mengatasinya

Beauty17 May 2022

By Dewi Anggriani Siregar

Kenali Perbedaan Purging dan Breakout serta Cara Mengatasinya

Istilah purging dan breakout mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Meski sudah sering mendengarnya, mungkin masih ada dari Anda yang belum mengetahui perbedaan antara purging dan breakout serta bagaimana cara mengatasinya.


Purging merupakan reaksi yang timbul pada kulit sebagai bentuk penyesuaian kulit terhadap suatu produk yang Anda gunakan. Terutama produk skincare dengan kandungan eksfoliator seperti asam alfa-hidroksi, asam beta-hidroksi, dan retinoid. Proses ini akan menimbulkan reaksi pembersihan dan memunculkan jerawat. Meski begitu, jerawat yang disebabkan oleh purging biasanya lebih cepat menghilang dan justru akan melepaskan sel-sel kulit mati serta membentuk sel kulit yang jauh lebih sehat.

Sementara breakout adalah suatu kondisi di mana kulit mengalami reaksi terhadap ketidakcocokan kulit terhadap produk skincare yang menyebabkan iritasi pada kulit wajah Anda. Meski sama-sama disebabkan oleh kandungan produk skincare, namun keduanya adalah suatu kondisi yang berbeda. Oleh karena itu, dibutuhkan cara yang berbeda juga dalam mengatasinya.

Ketika Anda mengalami purging, Anda harus bersabar untuk menantikan proses tersebut. Sebab kulit membutuhkan waktu untuk menyesuaikan serta melepaskan dan mengganti sel-sel kulit yang baru. Namun jika Anda mengalami kondisi breakout pada wajah, biasanya hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menghentikan penggunaan produk.

Selain itu, selama kondisi keduanya berlangsung, kulit Anda tentu menjadi jauh lebih sensitif. Maka sebaiknya Anda menghindari untuk menyentuh wajah dan area jerawat serta membatasi penggunaan produk kosmetik yang berlebihan. Anda juga perlu mengatur pola makan dan pola tidur serta tetap menggunakan tabir surya ketika bepergian.