Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Kenalan Lebih Jauh dengan Wanita Paling Rapi Di Dunia, Marie Kondo

Profile31 August 2021

By Rambu Moara

Kenalan Lebih Jauh dengan Wanita Paling Rapi Di Dunia, Marie Kondo

Terkenal dengan metode KonMari atau metode mengorganisir rumah, Marie Kondo sudah sejak kecil menyukai pengorganisasian dan tata letak barang yang teratur. Mari berkenalan lebih dekat dengan seorang Marie Kondo.


Anda yang suka dengan hal penataan rumah mungkin sudah tidak asing dengan metode KonMari yang terkenal dari salah satu serial di Netflix yang dibawakan oleh Marie Kondo. Akan tetapi, apakah Anda mengenal siapa dia dan bagaimana dia menemukan metode tersebut? Yuk, bersama HighEnd mengenal lebih jauh tentang siapa itu Marie Kondo dan bagaimana pengaruhnya dalam hal tata ruang.

Marie mulai tertarik dengan seni pengorganisasian barang sejak berumur 5 tahun. Awalnya dia tertarik dengan majalah desain interior dan gaya hidup milik ibunya. Sejak saat itu dia mulai menekuni bidang tersebut. Sebelumnya dia sempat mengalami kesulitan untuk memilah mana barang miliknya yang harus disimpan dan di buang, sebelum akhirnya tersadar bahwa alih-alih membuang barang tersebut, dia harus mencari alasan untuk menata dan menyimpannya dengan rapi.

Untuk menerapkan apa yang Ia tekuni, Ia memulai karirnya dengan menjadi konsultan tata ruang saat dia masih berkuliah diumur 19 tahun. Dengan banyaknya pengalaman bekerja dengan berbagain klien, dia akhirnya menemukan satu metode merapikan rumah yang diberi nama Metode KonMari. Melalui kerja keras dan penemuannya tersebut, dia berhasil masuk dalam jajaran 100 orang paling berpengaruh versi Majalah Times dan mendapat julukan khas sebagai ‘the tidiest person’ pada tahun 2015.

Selain ahli dalam hal penataan ruangan, Marie juga ahli dalam hal menulis. Sampai dengan saat ini, ia sudah berhasil menerbitkan banyak buku, seperti ‘The Life-Changing Manga of Tidying Up: A Magical Story', 'Joy at Work: Organizing Your Professional Life', 'The Life-Changing Magic of Tidying Up: The Japanese Art of Decluttering and Organizing', hingga 'Spark Joy: An Illustrated Master Class on the Art of Organizing and Tidying Up'.

Dari beberapa buku tersebut, 'The Life-Changing Magic of Tidying Up: The Japanese Art of Decluttering and Organizing' menjadi buku terlaris #1 di New York Times

Pada tahun 2019, Marie berhasil memiliki serial sendiri di Netflix yang berjudul “Tidying Up with Marie Kondo” dengan tema acara yang diangkat dari buku terlarisnya. Dalam program tersebut, Ia memperkenalkan metode KonMari dan membagikan banyak tips serta cara praktis merapikan hunian.

Kini dia kembali hadir dengan serial baru yang juga diangkat dari bukunya yang berjudul 'Spark Joy: An Illustrated Master Class on the Art of Organizing and Tidying Up'. Dalam seri kali ini, Marie menerapkan metode KonMari pada bisnis, hubungan, dan komunitas. ‘Sparking Joy’ mulai tayang pada 31 Agustus besok, jangan sampai ketinggalan!