Share
Kejutan Manis dari Dewa 19
Larasati Oetomo
11 October 2019

Pada hari Jumat lalu (05/10), CMA Entertainment secara spesial menghelat konser bertajuk “The Best of Dewa 19 with Once Mekel, Tyo Nugros, Second Born, Dul Jaelani”.


Formasi “Bintang 5” ini boleh dikatakan sebuah formasi yang langka ditemukan. Diakui oleh Once Mekel selaku mantan vokalis grup asal Surabaya ini, Dewa 19 terakhir kali bermain dengan format serupa pada tahun 2011 atau sekitar 8 tahun yang lalu. Bedanya, kali ini Dul Jaelani, anak ketiga dari Ahmad Dhani, akan mengisi posisi sang ayah sebagai kibordis.

Bertempat di The Kasablanka Hall, Kota Kasablanka, konser tersebut dibuka oleh Second Born, tribute group dari Queen yang telah 30 tahun melalang buana di dunia musik Indonesia. Ribuan orang sudah berkumpul untuk menikmati hits Top 40 dari band asal Inggris tersebut, seperti Somebody to Love, Radio Ga Ga, dan Bohemian Rhapsody.

Tak lama berselang, Once dkk hadir menghentak panggung dengan “Angin”, “Sayap-Sayap Patah”, hingga membawakan tembang syahdu “Dewi”. Formasi awal ini dilengkapi oleh Agung Yudha selaku drummer, sementara Tyo Nugros belum tampak hadir.

Malam tersebut dipenuhi oleh berbagai kejutan spesial dari Dewa 19 untuk para Baladewa yang telah merindukan mereka. Sebagai contoh, Andra dan Once menurunkan sedikit tempo permainan di tengah-tengah konser dengan unplugged medley dari “Hidup Ini Indah”, “Air Mata”, hingga lagu solo Once dan Andra & The Backbone – “Aku Mau” dan “Sempurna”.

Beberapa tembang dari era Ari Lasso juga tak luput dari setlist, seperti “Cukup Siti Nurbaya” dan “Kangen”. Tak lama berselang, kembali sebuah kejutan hadir di atas panggung. Dul Jaelani secara solo memainkan piano akustik dari lagu ciptaan ayahnya, “Ku Cinta Kau dan Dia”, sementara video persembahan berisi montase foto Dul bersama sang ayah dimainkan di atas panggung.

Sang drummer berusia 48 tahun, Tyo Nugros, baru hadir di atas panggung setelahnya. Bersama beliau, Dewa 19 secara maraton memainkan seluruh hits dari album “Bintang 5” termasuk “Roman Picisan”, “Risalah Hati”, dan “Cemburu”.  Penggebuk drum ini juga sukses memukau penonton dengan penampilan solo drum, menjelang akhir konser.

The Best of Dewa 19 with Once Mekel, Tyo Nugros, Second Born, Dul Jaelani ditutup dengan dua lagu andalan, “Separuh Napas” dan “Kamulah Satu-satunya”. Selama reverb bermain, para penonton disambut dengan confetti yang menutup malam itu dengan apik.

FOTO Helmi Sugara Promotions