Kegiatan BTS Selama Pandemi: Fokus Hobi Hingga Persiapan Comeback

Profile18 October 2020

By Rizka Putri Sonia

Kegiatan BTS Selama Pandemi: Fokus Hobi Hingga Persiapan Comeback

Batal tur konser karena pandemi, BTS habiskan masa karantina untuk beristirahat, hobi, hingga mempersiapkan album baru.


Pandemi membuat dunia seolah berhenti sejenak. Tanpa pandang bulu, hampir seluruh sektor kegiatan dan profesi terkena dampak dari virus yang telah menginfeksi sebagian besar belahan dunia ini. Boygroup besutan Big Hit Entertainment, BTS, salah satunya.

Pelantun lagu Dynamite ini seharusnya tengah melaksanakan konser tur dan menyapa para Army (sebutan untuk penggemar BTS) di seluruh dunia sejak April kemarin. Namun, adanya pandemi membuat BTS dengan berat hati harus membatalkan seluruh jadwal konser yang telah mereka persiapkan jauh-jauh sebelumnya.

Meski demikian, melalui wawancara virtualnya bersama Apple Music, BTS sendiri mencoba untuk mengambil sisi positif dari situasi saat ini dan menceritakan kegiatan-kegiatan yang mereka lakukan selama masa pandemi.

"Hal ini tentunya sangat menyedihkan karena kami hanya dapat menemui penggemar internasional kami melalui tur. Namun, kami tetap ingin mengambil sisi positifnya dan mencoba bersyukur karena mendapat lebih banyak waktu untuk mempersiapkan album baru dan kembali dengan Dynamite," ucap Jin BTS kepada Zane Lowe yang saat itu memandu wawancara eksklusifnya untuk kanal YouTube Apple Music.

Rapper BTS Suga menambahkan ceritanya dengan mengatakan bahwa mereka banyak berfokus pada hobi dan membuat musik selama masa pandemi. BTS berusaha untuk tetap memiliki energi positif di situasi saat ini. Hal itulah yang kemudian menjadi inspirasi boygroup beranggotakan 7 orang ini untuk merilis lagu Dynamite dengan pembawaan musik yang ceria dengan harapan dapat memberi energi positif bagi para pendengarnya di tengah krisis pandemi.

BACA JUGA: BTS Tampil Menakjubkan Secara Virtual Dalam Penghargaan Musik Billboard

Dalam wawancara tersebut juga, pemimpin dari BTS RM mengungkapkan bahwa selain membuat musik, mereka banyak berkegiatan dengan hobi masing-masing.
"Suga bermain gitar. Dia banyak berlatih gitar. Kami juga menggunakan waktu untuk tidur sebanyak mungkin, kemudian menonton Netflix. Saya sendiri menonton "The Good Place" dan itu adalah yang terbaik," cerita RM.

"Jungkook banyak melukis. J-Hope juga melakukan tenis," lanjutnya, menceritakan kegiatan dua anggota lain selama masa karantina pandemi.

Lebih jauhnya, Suga juga bercerita bahwa ia banyak melakukan cover lagu dengan gitarnya, seperti lagu Bob Dylan, "Lost Stars" milik Adam Levine, hingga cerita kesulitannya dalam meng-cover lagu-lagu John Mayer.

Satu hal lain yang juga dilihat sebagai dampak positif bagi BTS dari situasi pandemi saat ini adalah pertemanan mereka yang kian erat. Dengan latar belakang anggota masing-masing yang bukan warga Seoul, persahabatan mereka yang telah terjalin selama 10 tahun semakin dekat selama masa pandemi ini.

Ditanya mengenai hal yang mereka rindukan selama beberapa bulan belakangan, BTS dengan semangat mengatakan bahwa mereka sangat merindukan berdiri di atas panggung dan menemui para penggemarnya secara langsung. Setelah pandemi berakhir, hal pertama yang hendak mereka lakukan adalah pergi konser tur untuk menemui para Army.

"Kami sangat merindukan berdiri di atas panggung bersama para penggemar kami," ujar J-Hope, yang juga disahuti pernyataan setuju dari anggota lainnya. Lebih lanjutnya, BTS sedikit memberi spoiler bahwa mereka tengah bekerja untuk album barunya yang diperkirakan akan dirilis tahun ini.

"Kami tengah melakukan persiapan. Kami bisa pastikan bahwa lagu tersebut akan rilis tahun ini," jelas RM.