Share
Kate Middleton Umumkan Selesai Jalani Kemoterapi, Bagikan Perjalanannya Melawan Kanker
Putrika Annaya Salsabila
10 September 2024

Setelah tidak muncul di publik dan mengumumkan dirinya mengidap kanker di awal tahun, Kate Middleton membagikan kabar bahwa dirinya telah menyelesaikan kemoterapi.


Kate Middleton, Princess of Wales, mengumumkan kabar terbaru tentang kesehatannya setelah menyelesaikan perawatan kemoterapi. Dalam pesan video yang dirilis pada Senin, 9 September, Kate membagikan cerita pribadinya sejak diagnosis kanker awal tahun ini.

Video emosional tersebut direkam di sekitar rumah keluarganya di Norfolk dan menampilkan suaminya, Pangeran William, bersama ketiga anak mereka, Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis.

"Saat musim panas berakhir, saya tidak bisa mengungkapkan betapa leganya akhirnya menyelesaikan perawatan kemoterapi saya," ujar Kate dalam videonya, "Sembilan bulan terakhir sangat berat bagi kami sebagai keluarga. Hidup yang Anda kenal bisa berubah dalam sekejap, dan kami harus menemukan cara untuk menghadapi ombak yang penuh badai dan jalan yang tidak diketahui."

Ia juga menyinggung kompleksitas perjalanan melawan kanker, menggambarkan betapa sulitnya situasi ini, terutama bagi orang-orang terdekat.

“Perjalanan melawan kanker itu kompleks, menakutkan, dan tak terduga bagi semua orang, terutama bagi mereka yang terdekat dengan Anda. Dengan rendah hati, perjalanan ini juga mempertemukan Anda dengan kerentanan diri sendiri dengan cara yang belum pernah Anda pikirkan sebelumnya, dan dengan itu, perspektif baru tentang segala hal,” jelas Kate.

Kate melanjutkan dengan menggambarkan perubahan besar yang dirasakannya dalam hidupnya dan keluarganya, serta bagaimana hal ini telah mengingatkan mereka akan hal-hal penting yang sering dilupakan, “Di atas segalanya, waktu ini telah mengingatkan saya dan William untuk merenung dan bersyukur atas hal-hal sederhana, tapi penting dalam hidup, yang seringkali kita anggap remeh. Tentang mencintai dan dicintai.”

Saat ini, fokus Kate adalah menjaga kesehatannya dan mencegah kankernya kembali.

Kate Middleton 1

"Fokus saya sekarang adalah melakukan yang terbaik agar tetap bebas dari kanker. Meskipun saya telah menyelesaikan kemoterapi, perjalanan saya menuju penyembuhan dan pemulihan penuh masih panjang, dan saya harus terus menjalani setiap hari dengan tenang,” katanya.

Meski begitu, Kate juga menyampaikan antusiasmenya untuk kembali bekerja, "Saya juga menantikan untuk kembali bekerja dan mengikuti beberapa acara publik dalam beberapa bulan mendatang jika memungkinkan. Meski semua yang telah terjadi, saya memasuki fase pemulihan ini dengan harapan baru dan penghargaan terhadap kehidupan."

Kate mengakhiri videonya dengan menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam atas dukungan yang diterimanya, "William dan saya sangat bersyukur atas dukungan yang kami terima dan telah mendapat kekuatan besar dari semua orang yang membantu kami saat ini. Kebaikan, empati, dan kasih sayang semua orang sungguh sangat mengharukan."

Kate Middleton 2

Dalam video tersebut, Kate juga menyampaikan pesan mendalam kepada mereka yang masih berjuang melawan kanker.

"Untuk semua yang masih menjalani perjalanan kanker mereka sendiri–saya tetap bersama kalian, berdampingan, bergandengan tangan. Dari kegelapan, dapat datang cahaya, jadi biarkan cahaya itu bersinar terang," tegasnya.

Sebagai salah satu anggota keluarga kerajaan yang sangat aktif, Kate selama 2024 lebih banyak absen dari kegiatan publik. Setelah menjalani operasi perut pada Januari, ia mengumumkan kondisi kankernya pada Maret. Dalam beberapa kesempatan, Kate terlihat hanya dua kali dalam acara resmi, yakni pada Trooping the Colour di bulan Juni dan Wimbledon pada bulan Juli.

Meski perjalanan pemulihannya masih panjang, Kate menyatakan siap untuk kembali secara bertahap ke tugas-tugas publik dengan penuh semangat baru dan harapan besar.