Jenis-Jenis Kopi Indonesia yang Sukses Mendunia

Wine & Dine06 October 2021

By Clara Enocensia

Jenis-Jenis Kopi Indonesia yang Sukses Mendunia

Mengenal jenis-jenis kopi yang Indonesia yang dicintai oleh penikmat kopi dari seluruh dunia.


Biji kopi asal Indonesia telah memiliki tempat di hati para pecinta kopi dunia dan menjadi primadona. Pemerintah menyatakan setidaknya ada 16 jenis kopi yang diminati pasar internasional. Mari kenali beberapa jenis biji kopi yang paling favorit di dunia.

1. Kopi Arabika Kintamani

Kopi Kintamani menjadi salah satu kopi yang populer di Jepang, Eropa, dan beberapa negara Arab. Jenis biji kopi ini banyak diminati sebab rasanya unik karena didominasi asam citrus segar dan aroma wangi bunga, dengan tingkat keasaman dan kekentalan sedang. Kopi ini berjenis Arabika, ditanam di ketinggian lebih dari 1.000 mdpl. Biasanya pohon kopinya ditanam di dekat Gunung Batur.

2. Kopi Arabica Gayo

Kopi asal Aceh ini memiliki tekstur yang tidak terlalu pekat dengan tingkat keasaman seimbang. Cocok untuk kamu Anda yang bukan penyuka kopi asam. Masyarakat Aceh sendiri memiliki cara penyajian tradisional yang khas. Bukan diseduh, melainkan merebus kopi dan air dalam panci hingga mendidih, lalu dituang ke dalam gelas berisi susu dan gula.

3. Kopi Arabica Toraja


Kopi ini sangat diminati di negara Jepang dan Amerika karena karakteristiknya yang unik dan sesuai dengan selera peminat di dua negara tersebut. Kopi Toraja banyak digemari sebab kopi ini tidak menyisakan after taste pahit yang biasanya mengganggu sebagian orang. Kopi Toraja dan mayoritas kopi lainnya yang tumbuh di Sulawesi cenderung punya rasa earthy, seperti rasa tanah atau hutan dengan kandungan asam yang rendah.