Share
Jangan Terpancing Emosi, Ini Tips Ampuh untuk Menghadapi Teman Sensitif
Shela Dhamayanti
07 March 2022

Dalam pertemanan, masing-masing pasti memiliki sifat yang berbeda-beda. Ada yang ceria, pendiam, jahil, bahkan ada juga yang sensitif. Sensitif yang dimaksud di sini adalah seseorang yang mudah terpancing emosi atau mudah marah.


Untuk tetap sabar menghadapi teman seperti ini memang tidak mudah, karena semua hal yang tidak sesuai dengan kemauan orang sensitif pasti akan membuat suasana menjadi tidak nyaman. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir. Anda hanya perlu mengaplikasikan trik yang tepat untuk menghadapi teman yang sensitif

1. Hati-hati dalam ucapan

Biasanya orang yang sensitif akan mudah tersinggung, jika Anda tidak mem-filter ucapan Anda. Pintar dan bijaklah dalam memilih kata-kata agar hubungan Anda selalu nyaman dan terkendali.

2. Jangan kritik di depan umum

Hal ini sebenarnya tidak hanya berlaku untuk teman sensitif saja karena sebenarnya tindakan ini kurang sopan. Jika Anda tidak menyukai suatu hal dari teman, cobalah untuk memilih waktu yang tepat untuk bicara berdua dengannya. Untuk menghindari pertengkaran hebat, Anda memang perlu menyembunyikan kesalahannya ketika berada di depan umum.

3. Jangan terpancing emosi

Orang yang sensitif cenderung suka meluapkan emosi dan wajar sekali jika Anda ikut kesal. Akan tetapi, percayalah orang yang mudah terpancing emosi, biasanya emosinya akan cepat reda. Mereka sendiri sebenarnya tidak ada maksud untuk menyakiti. Oleh karena itu, sebaiknya Anda perlu melakukan pendekatan yang soft dan mencoba mendengarkan dan mengerti permasalahan mereka.

BACA JUGA: Kenali Perbedaan Growth Mindset dan Fixed Mindset Pada Karakter Seseorang