Share
Kenali Perbedaan Growth Mindset dan Fixed Mindset Pada Karakter Seseorang
Shela Dhamayanti
23 February 2022

Apakah Anda pernah mendengar ketika seseorang berkata, "saya memang orang yang seperti ini, Anda yang harus mengerti." Itu adalah salah satu contoh dari bentuk mindset atau pola pikir seseorang.


Jika ditelusuri, terdapat dua tipe mindset pada seseorang, yaitu growth mindset and fixed mindset. Perbedaan kedua mindset ini dapat mencerminkan kepribadian seseorang. Anda dapat menilai mindset atau pola pikir seseorang, ketika Anda sedang bekerja dengan orang tersebut. Anda akan dapat mengetahui bagaimana mindset seseorang dengan melihat reaksi mereka ketika sedang mendapatkan masalah.

Bagi Anda belum pernah mendengar sebelumnya mengenai istilah growth mindset and fixed mindset, berikut penjelasan dari growth mindset and fixed mindset yang perlu Anda ketahui.

1. Growth Mindset

Growth Mindset merupakan pola pikir yang selalu berkembang. Seseorang dengan growth mindset memiliki keyakinan serta percaya bahwa mereka dapat meraih kesuksesan melalui kerja keras. Seseorang ini akan selalu mau belajar, mengevaluasi diri sendiri, dan terus menambah pengetahuan untuk mengembangkan diri.

Ketika sedang mendapatkan masalah, seseorang dengan growth mindset akan cenderung fokus pada solusi dalam memecahkan masalah tersebut, sehingga masalah akan mudah diselesaikan dengan baik. Mereka cenderung termasuk kategori orang yang ingin terus belajar dan keluar dari zona nyaman.

2. Fixed Mindset

Fixed Mindset merupakan pola pikir yang sifatnya tidak akan berubah. Seseorang dengan fixed mindset akan cenderung menyalahkan orang lain yang ada di sekitarnya dan mengharapkan semua orang dapat mengerti dirinya.

Biasanya mereka sangat percaya dengan kemampuannya sendiri yang mahir akan suatu hal, tetapi tidak memiliki keinginan untuk belajar hal baru karena menganggap dirinya sudah ‘pintar’. Mereka juga termasuk orang-orang yang tidak ingin keluar dari zona nyaman.

BACA JUGA: Lakukan Hal ini Jika Love Language Pasanganmu Act Of Service