Share
Jangan Sepelekan, Ini Tanda-tanda Kulit Anda Stres dan Lelah
Dewi Anggriani Siregar
23 November 2023

Aktivitas yang padat tentu membuat Anda tanpa sedar mengabaikan pola tidur dan istirahat yang teratur. Hal tersebut secara tidak langsung juga dapat memengaruhi kondisi kulit, termasuk kulit wajah


Tidak hanya kondisi fisik serta tubuh yang dapat merasakan lelah serta stres, kulit pun mengalami hal serupa apabila tidak Anda terus menerus menge-push diri Anda. Ketika Anda lelah, hormon lelah yaitu kortisol akan naik dan dapat menimbulkan berbagai permasalahan kulit. Lalu, apa saja tanda-tanda jika kulit Anda sedang mengalami stres ataupun lelah, simak penjelasan di bawah ini.

TIRED SKIN

Tanda Kulit Stres dan Lelah

Jika Anda adalah pemilik tipe kulit berjerawat, kondisi kulit di saat lelah tentu akan semakin sensitif dan bertambah parah. Hal ini disebabkan oleh hormon kortison yang naik saat stres dan memicu hormon testoteron juga ikut naik sehingga produksi sebum atau minyak kian berlebih dan menyebabkan penyumbatan pori-pori pemicu timbulnya jerawat.

Stres tentu membuat Anda waktu tidur Anda berkurang, kulit Anda pun dapat merasakan kondisi yang Anda alami. Misalnya pada bagian wajah akan timbul lingkaran hitam di area mata yang juga membuat mata Anda terlihat gelap dan lebih sembap. Tanda-tanda lain jika kulit Anda stres dan lelah adalah kulit akan terlihat kusam dan jauh lebih sensitif dan tidak lembap serta bercahaya. Hal tersebut disebabkan oleh tubuh yang kehilangan nutrisi dan cairan yang menyebabkan kulit tampak tidak sehat.

Penanganan Kulit Stres dan Lelah

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menangani kulit stres dan lelah, di antaranya adalah dengan memperbaiki pola hidup teratur serta mengonsumsi makanan yang bernutrisi, kaya serat dan vitamin. Pengelolaan stres serta aktivitas fisik seperti olahraga juga sangat dianjurkan untuk membuat Anda kembali fresh dan mengembalikan kesegaran kulit. Penggunaan skincare dan masker untuk wajah dan kulit juga sangat penting untuk mengembalikan kembali kesegaran kulit dan membuatnya tampak kembali sehat.