Share
Jangan Anggap Sepele, Kenali Penyebab Ketombe dan Cara Mengatasinya
Dewi Anggriani Siregar
20 April 2023

Ketombe merupakan salah satu permasalahan rambut yang sangat mengganggu. Tidak hanya mengganggu kepercayaan diri, ketombe juga menimbulkan rasa gatal yang tidak nyaman dan sehingga membuat kita tidak tenang beraktivitas.


Ketombe dapat disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah kulit kepala yang kering. Namun tidak hanya kering, kulit kepala yang berminyak dan memiliki sebum berlebih juga dapat memicu timbulnya ketombe. Ketombe juga dapat disebabkan oleh infeksi jamur ataupun kondisi kulit kepala yang kotor sehingga menyebabkan penumpukan produk. Penyebab lain dari ketombe juga dapat terjadi karena masalah dan kondisi medis tertentu.

Dilansir dari Halodoc, Anda bisa menggunakan sampo khusus ketombe sebanyak 1–3 kali seminggu untuk mengatasi permasalahan ketombe. Bila ketombe sudah teratasi, kurangi pemakaiannya menjadi seminggu sekali untuk mencegah ketombe muncul kembali. Sampo khusus ketombe memiliki beberapa jenis yang dikategorikan berdasarkan zat di dalamnya sebagai berikut.

  1. Sampo yang mengandung zat antibakteri dan antijamur zinc pyrithione
  2. Sampo berbasis tar batu bara yang dapat memperlambat proses pengelupasan sel-sel kulit mati di kepala, tetapi bisa membuat kulit kepala menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari
  3. Sampo dengan kandungan salicylic acid yang dapat menghilangkan kerak di kulit kepala
  4. Sampo dengan kandungan selenium sulfide atau ketoconazole yang bersifat antijamur, tetapi penggunaannya perlu diperhatikan karena dapat mengubah warna rambut dan kulit kepala