Jameson Luncurkan Jameson Black Barrel Sebagai Premium Irish Whiskey Terbaru
Clara Enocensia
01 April 2022

Jameson luncurkan Jameson Black Barrel sebagai Premium Irish Whiskey terbaru dengan metode double charred untuk cita rasa yang lebih kaya nan halus.


Jameson, sebagai brand Irish whiskey nomor satu, meluncurkan Premium Irish whiskey terbarunya, yaitu Jameson Black Barrel. Peluncuran Jameson Black Barrel kali ini merupakan sebuah penghormatan bagi para pembuat barel yang telah menciptakan metode pembakaran atau charring untuk mematangkan sekaligus menciptakan aroma pada bagian dalam barel.

Proses penyimpanan Jameson Black Barrel memerlukan waktu yang lebih lama dibandingkan Jameson Irish Whiskey pada umumnya. Durasi waktu penyimpanan yang dibutuhkan rata-rata mencapai dua belas tahun melalui kombinasi pembakaran pada barel ex-bourbon dan ex-sherry. Pada masa sekarang penggunaan double charred barrels adalah sebuah pilihan dan bukan keharusan.

Jameson Black Barrel merupakan hasil perpaduan dari biji-bijian dengan metode Pot Still whiskey tradisional khas Irlandia. Melalui proses pematangan yang panjang, Jameson Black Barrel menghasilkan aroma yang kuat dari manisnya vanila dan karamel serta sentuhan aroma buah dan rempah-rempah yang hangat.

Ada sebuah kalimat yang mengatakan bahwa ‘the wood makes the whiskey' sehingga sering kali digunakan dalam industri whiskey, meskipun sentuhan kayu tidak selalu hadir pada sebagian besar merek whiskey, namun sentuhan kayu menjadi unsur pasti untuk Jameson Black Barrel. Jameson Black Barrel juga menampilkan beberapa variasi barel dari Penyulingan Jameson di Midleton yang memiliki pengaruh besar pada cita rasa yang dapat dihasilkan oleh kayu pada barel.

Tasting Notes:
? Aroma: Butterscotch dan creamy toffee fudge
? Rasa: Nutty dengan rempah dan rasa manis vanila
? Finish: Intense toasted wood dan vanila

Rekomendasi Penyajian:
? Neat atau “on the rocks”
? Black Barrel Whiskey Sour
? Black Barrel Old Fashioned

Peluncuran Jameson Black Barrel telah diumumkan secara online melalui website JamesonWhiskey.com dan beberapa outlet tertentu di Irlandia pada bulan November dan resmi diluncurkan di Indonesia. Jameson Black Barrel telah tersedia di outlet-outlet pilihan di tanah air dengan harga Rp1.100.000,-.