Intip Desain Paspor Baru Negara Norwegia yang Canggih dan Minimalis

Design13 November 2020

By Annisa Laksmintari

Intip Desain Paspor Baru Negara Norwegia yang Canggih dan Minimalis

Meskipun minimalis, namun paspor baru negara Norwegia yang telah beredar didisain agar lebih aman dan tetap estetik.


Paspor merupakan dokumen negara yang diperlukan sebagai kunci untuk keluar dan masuk suatu negara. Jika dulu paspor hanya berbentuk buku kecil sederhana, kini berbagai negara berlomba-lomba untuk membuat desain paspor mereka agar lebih unik dan lebih mencerminkan ciri khasnya.

Paspor baru negara Norwegia yang canggih ini akhirnya terealisasi setelah dikembangkan selama 6 tahun lamanya, dilansir dari dezeen.com. Pembaharuan paspor dilakukan dengan demi peningkatan keamanan. Paspor ini menampilkan ilustrasi lansekap negara Norwegia yang dapat berubah dari siang ke malam hari di bawah sinar lampu UV. Dengan fitur ini, paspor akan lebih sulit untuk dipalsukan.

Desain baru oleh studio Neue meliputi paspor Norwegia, paspor diplomatik, paspor emergency, dan dokumen perjalanan. Cover paspor yang didesain berwarna merah, biru, putih yang mengacu pada warna-warna bendera Norwegia. Lambang negara dan juga judul dokumen di-emboss dengan warna emas di bagian cover.

Desainer paspor ini adalah studio Neue, yang berbasis di Oslo, yang telah memenangkan sebuah kompetisi untuk desain paspor dan kartu identifikasi negara Norwegia pada tahun 2014.