Intip 4 Tips Belanja di Akhir Tahun Versi Financial Planner!
Bunga Revina
23 December 2022

Tidak sabar berbelanja akhir tahun untuk keluarga, sahabat, atau wujudkan self-reward tahunan yang sudah didambakan? Simak empat tips belanja habis-habisan akhir tahun yang tidak bikin kantong bolong ala Metta Anggriani!


Belanja online merupakan kebutuhan sekaligus menjadi stress relief bagi banyak orang. Terlebih, di penghujung tahun kerap kali dijadikan sebagai momen spesial untuk memberikan hadiah sebagai wujud apresiasi kepada orang terkasih. Tak hanya itu, akhir tahun juga menjadi saat yang tepat untuk melakukan self-reward, yaitu dengan mengapresiasi diri sendiri atas usaha yang telah dilakukan selama satu tahun terakhir.

Namun demikian, bijak atur keuangan dan terapkan kiat belanja khusus tak kalah penting untuk diterapkan di akhir tahun ini agar situasi dompet tetap terjaga. Metta Anggriani CFP, selaku Perencana Keuangan Tersertifikasi menuturkan, “Kebutuhan berbelanja yang kian meningkat di akhir tahun, mendorong kita untuk semakin cerdas dalam mengatur keuangan. Di era serba digital ini, masyarakat pun semakin dimudahkan untuk berbelanja bijak dengan kehadiran berbagai teknologi, kampanye, hingga sumber informasi yang tak terbatas. Selain bisa menghemat budget yang sudah disediakan, masyarakat bahkan bisa memenuhi lebih banyak kebutuhan apabila menerapkan tips-tips strategis ketika berbelanja akhir tahun.”

Mari simak empat tips belanja habis-habisan akhir tahun yang gak bikin kantong bolong ala Metta Anggriani.

Membuat rencana anggaran berdasarkan prioritas

Membuat rencana keuangan adalah hal yang penting untuk dilakukan. Dalam penerapannya, terdapat dua jenis pendekatan. Pertama, susun terlebih dahulu daftar belanja dan keperluan akhir tahun, termasuk siapa saja yang hendak diberikan hadiah, baru selanjutnya budget yang diperlukan bisa diperhitungkan. Bila ternyata dana yang dibutuhkan lebih besar dari perkiraan, maka aturlah skala prioritas. Sebaliknya, pendekatan kedua, budget bisa ditetapkan terlebih dahulu, baru dilanjutkan dengan membuat daftar barang apa saja yang ingin dibeli. Dengan menentukan batasan budget tertentu, pengeluaran akan lebih terkontrol.

Tak perlu ribet, rencana anggaran bisa dilakukan dengan memanfaatkan gadget. Ada banyak aplikasi pengaturan keuangan yang tersedia secara gratis dengan berbagai fitur sesuai dengan kebutuhan, atau susunlah template anggaran sesuai dengan preferensi pribadi. Tak kalah penting, rencanakanlah anggaran dari jauh hari dan lakukanlah evaluasi secara berkala. Tentunya, menyisihkan dana di awal tahun akan lebih baik sehingga dapat menghindari over budget di kemudian hari.

Bandingkan harga dan cari penawaran terbaik

Jangan ragu untuk mencari harga termurah untuk barang yang sama. Meskipun membutuhkan waktu yang lebih panjang, namun hasilnya akan sangat memuaskan saat Anda mengetahui berapa banyak yang tersisa dari budget yang telah ditetapkan. Terkadang, penawaran terbaik bukan hanya dalam bentuk harga yang lebih murah, tetapi mungkin juga ada jasa tambahan yang lebih menguntungkan.

Manfaatkan promo atau diskon akhir tahun

Menjelang akhir tahun, kita juga dapat memanfaatkan promo seperti diskon, cashback, atau momen Harbolnas yang telah menjadi tren beberapa tahun belakangan ini untuk menekan pengeluaran berlebih di saat-saat high season seperti natal dan tahun baru.

Manfaatkan Gratis Ongkir

Nominal biaya ongkir mungkin tidak seberapa, namun bila kamu belanja beberapa barang dari toko yang berbeda, pastinya akan menjadi budget yang perlu diperhitungkan. Jadi, buat kamu yang gemar belanja online, jangan lupa untuk memanfaatkan voucher gratis ongkir agar masih ada budget tersisa untuk kebutuhan lainnya.