Share
InterContinental Jakarta Pondok Indah Sambut Master Teppanyaki Hidemaro Hodaka
Bunga Revina
03 October 2022

Datang dari dataran tinggi di Prefektur Nagano, rumah dari kuliner legendaris di Jepang, kini Hidemaro Hodaka bergabung dengan InterContinental Jakarta Pondok Indah sebagai Japanese Chef.


Hodaka-san pertama kali datang di Indonesia pada akhir 1970-an setelah mematangkan kemampuan memasaknya di bawah arahan guru memasaknya yang berada di kampung halamannya yang berbukit-bukit di Nagano. Hodaka-san mengantongi lebih dari setengah abad pengalaman memasak di sejumlah dapur restoran Jepang autentik. Memasak dengan metode teppanyaki orisinal menjadi keahlian utama koki yang pendiam namun ramah ini.

Teppanyaki menjadi salah satu metode masak paling terkenal dalam kuliner Jepang dan memiliki sejarah yang kaya. Teppanyaki, seperti yang kita kenal saat ini, merupakan cara memasak ala Jepang yang mendapatkan pengaruh Barat dalam jenis masakannya. Pertama kali dikenalkan oleh Misono yang membuka gerainya di Kobe pada 1945, restoran ini dipercaya merupakan restoran pertama di Negeri Sakura yang menyajikan hidangan dengan sentuhan Barat yang dimasak di wajan teppan datar di hadapan para tamu. Cara memasak koki yang penuh manuver sekaligus menjadi hiburan tersendiri bagi para tamu restoran tersebut. Metode memasak yang unik tersebut menjadi salah satu favorit para tamu asing di Jepang pada saat itu.

Keahlian memasak teppanyaki yang dikuasai Hodaka-san selama puluhan tahun tersebut telah ditunjukkan di Shio, restoran khas Jepang di InterContinental Jakarta Pondok Indah. Sebagai koki yang berpengalaman, Hodaka-san lebih fokus mempertahankan teknik memasak teppanyaki tradisional yang dikembangkan di daerah pedesaan Jepang lebih dari 200 tahun silam. “Gaya teppanyaki saya tanpa disertai atraksi. Gaya teppanyaki orisinal ini lebih fokus pada cita rasa yang autentik,” kata koki andal tersebut.

Hodaka-san hanya menggunakan bahan segar terbaik untuk dimasak di wajan teppanyaki miliknya. Bersama tim kuliner hotel, Hodaka-san berusaha keras untuk menghadirkan pengalaman bersantap teppanyaki yang berkesan bagi para tamu. Beberapa hidangan teppanyaki khas Hodaka-san meliputi teppanyaki omakase, yakni sajian yang tidak tertera di menu namun dimasak berdasarkan bahan-bahan yang paling menonjol hari itu.

Menu omakase ini disajikan dengan saus teppanyaki rumahan buatan Chef Hodaka yang diracik menggunakan resep rahasia miliknya. Selain teppanyaki, Hodaka-san juga merupakan seorang yang ahli dalam memasak hidangan khas Nagani lainnya, yaitu mi soba. Di Shio, salah satu kreasinya yang tak boleh dilewatkan adalah Zaru Soba dengan Tempura Jamur atau Gyu Niku Soba yang disajikan dengan daging sapi Australia berkualitas.