6 Alternatif Menu Lebaran yang Sehat, Unik, dan Menggugah Selera

Wine & Dine20 May 2020

By Larasati Oetomo

6 Alternatif Menu Lebaran yang Sehat, Unik, dan Menggugah Selera

Lebaran tahun ini adalah saat yang tepat untuk memasak sendiri menu makanan di rumah. Apa saja yang ada di daftar masak Anda? Opor? Rendang? Ketupat? Sambal goreng kentang?


Anda mungkin sudah bosan dengan menu lebaran yang itu-itu saja. Di sisi lain, Anda mungkin juga mencari alternatif menu lebaran yang lebih sehat atau menyesuaikan diet tertentu—entah karena penyakit seperti diabetes atau vegetarian. Di luar menu yang biasa kita makan ketika Lebaran seperti opor yang rendang, sebetulnya terdapat banyak inspirasi menu spesial mulai dari Timur Tengah hingga Prancis yang cocok disantap di Hari Raya Lebaran.

Mari sisihkan sejenak menu tradisional Lebaran dan coba mengeksplorasi deretan menu unik yang tak kalah menggugah selera ini:

Chicken shawarma

Shawarma dapat disandingkan dengan sumber karbohidrat apapun, mulai dari nasi hingga sumber karbo yang lebih sehat seperti hummus dan roti pita. Lengkap dengan sayuran segar dan bumbu yang “enteng”, Anda dijamin tidak akan merasa enek dengan menu ini.

Ratatouille

Bagi Anda dan keluarga yang perlahan mengadaptasi diet berbasis tanaman, ratatouille adalah resep sayur klasik yang cocok disandingkan dengan berbagai macam menu utama. Meskipun berasal dari Prancis, cita rasa sayur panggang ratatouille cocok dengan lidah Asia.

Shish kebab

Hidangan mirip sate khas Timur Tengah ini dapat menjadi alternatif menu daging dengan rasa yang lebih “ringan” dan lengkap dengan sayuran berwarna-warni. Anda dapat mengajak buah hati untuk turut menyiapkan menu yang mudah dibuat ini dengan setting pesta kebun di belakang rumah yang menyenangkan.

Avocado salad

Sop dan salah buah menyimpan banyak gula dan lemak tersembunyi dalam bentuk sirup, susu kental manis, hingga dressing. Sebagai alternatif, salad buah dengan bahan-bahan seperti alpukat dan mangga tak hanya lebih sehat, namun juga manis secara natural dan padat gizi.

Dark chocolate truffle

Daripada mengemil kue kering, Anda dapat membuat sendiri truffle cokelat gelap yang mengandung banyak antioksidan, rendah lemak, tepung, dan gula, serta tak kalah adiktif. Anda dapat menambahkan kacang hazelnut atau almond sebagai isian agar tidak membosankan.

Lemongrass honey squash

Buatlah usaha lebih tanpa mengandalkan sirup praktis warna-warni dan soda. Hanya dengan beberapa buah lemon, batang serai, dan madu, Anda dapat membuat squash yang menyegarkan ini.