Inilah Tips dan Trik Berfoto di Self-Studio Agar Sesi Fotomu Lancar
Salsabila Andika Putri
04 August 2022

Maraknya self-studio sebagai tren baru untuk berfoto membuat orang-orang berbondong book sesi self studio bersama kekasih maupun sahabat. Tapi perlu diketahui, jika konsep timer di self-studio kadang membuat sebagian orang tertekan dan tidak enjoy dalam berfoto.


Self-studio merupakan tren terbaru di Indonesia karena prosesnya yang sederhana, menyenangkan, dan hasilnya pun sangat bagus. Konsep dari self-photo studio adalah tidak adanya fotografer profesional yang hadir. Pelanggan akan diberi alat pengontrol kecil untuk bertindak sebagai tombol jarak jauh. Kerap kali pengontrol tersebut dapat disembunyikan, sehingga tak akan tampak di hasil foto.

Berfoto di self-studio memungkinkan kita mengambil foto sendiri sambil menggunakan semua alat profesional mapun props yang tersedia di studio, yang mana akan susah jika kita belum terbiasa dengan konsep tersebut. Belum lagi terdapat timer yang ada di setiap sesi, membuat kita harus mengontrol berapa banyak gambar, tema, dan pose yang harus kita ambil.

Jadi supaya menghindari membuat pengalamanmu dalam berfoto di self-studio berakhir tidak memuaskan, berikut ini tips dan trik yang bisa kalian ambil.

1. Abadikan Momen yang Tampak Natural

Trik untuk mengambil gambar yang cantik adalah terlihat sealami mungkin. Foto akan menunjukkan betapa canggungnya kita saat berpose. Jika ingin mendapatkan momen yang pas coba berinteraksi dengan teman kamu saat berfoto, mungkin saja kalian akan mendapatkan momen candid yang tampak lucu dan terkesan natural.

Karena kamu sendiri yang menekan tombol potret, maka kamu dapat menyesuaikan dengan kecepatan dalam berpose. Kamu pun tahu angle dan postur yang cocok untuk diri sendiri, jadi cobalah strike a pose se-nyaman mungkin. Hasilnya tidak akan buruk jika kamu berpose dalam suasana yang santai dan alami.

2. Ambil Konsep Black and White

Pilih studio dengan desain yang menampilkan latar belakang sederhana dan tempat duduk atau biasanya dua balok putih sebagai props-nya. Konsep foto black and white atau hitam putih memang tampak simpel tapi tetap classy. Konsep ini cukup terkenal di Korea karena banyaknya selebritis negri tersebut yang melakukan pemotretan minimalis dengan konsep black and white.

Jika menggunakan konsep ini, kamu dapat bergaya layaknya artis Korea yang sedang pemotretan. Mulai dari fierce look sampai berfoto lucu bersama kekasih pun tetap dapat masuk dalam konsep ini. Jadi tak perlu pusing memikirkan harus bergaya macam apa, jika kamu memilih konsep hitam putih untuk self-photo kamu. Tak lupa kita dapat menggunakan konsep ini black and white ini sebagai konsep prewedding yang simpel dan manis.

3. Ambil Foto Sebanyak-banyaknya

Karena tidak adanya pembatasan dalam berfoto kecuali waktu dalam sesinya, kamu dapat mengambil banyak sekali foto supaya tidak menyesal nantinya. Kamu juga memiliki lebih banyak waktu untuk menguasai angle dan postur yang paling cocok dalam berfoto.

Momen yang paling indah dan tidak diduga-pun akan tertangkap jika kamu mengambil gambar terus menerus. Kemudian, setelah selesai memotret, kamu bisa memilih beberapa gambar dari sekian banyak gambar yang diambil. Foto-foto tersebut nantinya dapat diedit oleh pihak studio, supaya hasilnya tampak lebih apik.