Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Inilah Penyebab ‘Maskne’, Jerawat Akibat Pemakaian Masker Sehari-hari

Beauty03 November 2020

By Annisa Laksmintari

Inilah Penyebab  ‘Maskne’, Jerawat Akibat Pemakaian Masker Sehari-hari

Masalah kulit yang umum dialami masyarakat di kala pandemi ini adalah ‘Maskne’, jerawat yang timbul akibat pemakaian masker terus-menerus. Inilah penyebabnya!


Pemakaian masker sehari-hari merupakan kewajiban untuk melindungi diri sendiri dan orang lain dari serangan COVID-19. Namun tak dapat disangkal, pemakaian masker secara terus-menerus dapat mengakibatkan timbulnya jerawat yang tidak diinginkan pada kulit wajah, sehingga membutuhkan perawatan kulit yang lebih intensif.

Menurut Joshua Zeichner,MD, direktur riset klinis dan kosmetik di departemen dermatologi Mount Sinai Hospital, New York City, masker dapat menyebabkan timbulnya jerawat karena 2 hal. “Gesekan secara langsung meningkatkan inflamasi, yang menyebabkan merebaknya jerawat. Masker juga menyebabkan jerawat karena menangkap dan menahan kelembaban, sehingga terjadi pertumbuhan mikroorganisme secara berlebihan pada kulit,” jelasnya, seperti yang dilansir dari everydayhealth.com.

BACA JUGA: 3 Kiat Cegah ‘Maskne’, Jerawat Akibat Masker

Ia pun menjelaskan bahwa gesekan pada kulit dinamakan “acne mechanica”, yang juga merupakan masalah yang umum dihadapi oleh atlet. Menurut American Academy of Dermatology, tubuh yang sedang aktif panas dan berkeringat, sehingga meningkatkan suhu tubuh dan kelembaban, dikombinasikan dengan gesekan dengan pakaian olahraga atau peralatan olahraga pada kulit, menciptakan lingkungan yang mendukung timbulnya jerawat.