3 Kiat Mencegah Timbulnya ‘Maskne’, Jerawat Akibat Masker

Beauty28 October 2020

By Annisa Laksmintari

3 Kiat Mencegah Timbulnya ‘Maskne’, Jerawat Akibat Masker

Cegah ‘maskne’, jerawat yang timbul akibat pemakaian masker terus-menerus selama pandemic ini.


Pemakaian masker sehari-merupakan kewajiban untuk melindungi diri sendiri dan orang lain dari serangan COVID-19. Namun tak dapat disangkal, pemakaian masker secara terus-menerus dapat mengakibatkan timbulnya jerawat yang tidak diinginkan pada kulit wajah, sehingga membutuhkan perawatan kulit yang lebih intensif.

1. Gunakan masker yang 100% katun. Katun merupakan bahan kain yang ‘breathable’ sehingga udara masih dapat keluar masuk. Katun juga lebih lembut pada kulit, dan tidak akan menangkap kelembaban dan panas berlebih. Pastikan masker kain katun ini dicuci setelah habis pakai untuk menghilangkan bekas residu tabir surya, produk perawatan kulit dan kosmetik pada masker.

2. Lakukan perawatan kulit secara rutin, seperti mencuci wajah setiap pagi dan malam dengan, dengan cleanser yang lembut. Gunakan moisturizer yang ringan, dan hindari krim wajah yang tebal dan berat selama menggunakan masker.

3. Tabir surya WAJIB dikenakan setiap hari. Gunakanlah tabir surya yang mengandung zinc oxide, yang memberikan perlindungan terhadap sinar UV dan juga memiliki kelebihan untuk menenangkan kulit. Selain itu, terdapat juga tabir surya yang non-comedogenic sehingga tidak menyumbat pori-pori.