Inilah Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui
Dewi Anggriani Siregar
25 January 2023

Seringkali disebut buah, bit ternyata masih tergolong dalam jenis sayuran umbi yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.


Anda tentu sudah tidak asing dengan nama buah bit, atau Anda baru pertama kali mendengarnya? Buah yang satu ini sekilas tampak seperti buah naga, namun bit sebenarnya tergolong dalam kategori tanaman umbi-umbian.

Termasuk dalam kelas Beta vulgaris dan subspecies group vulgaris Conditiva, bit memiliki warna keunguan yang khas. Tumbuhan yang masih satu keluarga dengan sayuran lobak, singkong, ubi, dan tanaman lainnya ini ternyata memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat buah bit dilansir dari berbagai sumber.

Mengendalikan Gula Darah

Buah bit kaya akan antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah serta meningkatkan sensitivitas insulin.

Menurunkan Tekanan Darah

Di dalam buah bit terdapat kandungan nitrat anorganik yang mampu membantu mempertahankan tekanan darah di dalam tubuh agar tetap stabil.

Melancarkan Pencernaan

Bit mengandung banyak serat yang baik untuk kesehatan. Selain itu, serat tersebut juga berfungsi untuk mencegah kerusakan dinding saluran cerna akibat peradangan, konstipasi, dan kanker usus besar.

Mencegah Anemia

Manfaat buah bit seanjutnya adalah mampu membantu mengatasi masalah anemia. Buah bit kaya akan kandungan zat besi, yang merupakan komponen penting di dalam sel darah merah.

Meningkatkan Stamina

Semua nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalam buah bit mampu membantu meningkatkan stamina di dalam tubuh seperti kandungan karbohidrat, protein, dan mineral.