Share
Inilah Kebiasaan Buruk yang Membuat Tidur Anda Kurang berkualitas
Clara Enocensia
17 February 2022

Tidur yang cukup seharusnya memberikan rasa segar dan prima di pagi hari. Namun jika tidur terganggu, kemungkinan tubuh terasa pegal dan lelah sepanjang hari.


Tidur adalah keadaan istirahat alami yang dibutuhkan oleh manusia. Rata-rata tidur yang dibutuhkan oleh orang dewasa adalah 7-9 jam per hari. Memiliki waktu tidur yang berkualitas sangatlah penting, bukan hanya dari lamanya waktu tidur, tapi juga dari kualitasnya, yang berakibat pada meningkatnya kebugaran.

Ketika Anda tidak mendapatkan kualitas tidur ini, kemungkinan ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya.

1. Konsumsi kafein yang berlebih

Kafein merupakan zat yang terkandung dalam minuman seperti kopi, teh, minuman bersoda, atau minuman berenergi. Mengonsumsi kafein berlebih sepanjang hari akan mengakibatkan beberapa bahaya atau masalah kesehatan tertentu. Salah satunya adalah kualitas tidur yang menjadi kurang baik. Sebaiknya, hindari minuman berkafein 6 jam sebelum tidur.

2. Stres

Stres dan kurang tidur merupakan dua hal yang menjadi sahabat karib. Jika Anda stres, otomatis menjadi susah tidur dan berujung insomnia. Jika tidak memiliki tidur yang cukup, tubuh Anda menjadi bertambah stres. Lebih baik, coba perbaiki pola istirahat dengan tidur selama minimal 8 jam.

3. Penggunaan barang elektronik

Penggunaan barang elektronik, seperti gadget, ternyata dapat mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Penggunaan gadget dan layar yang lebih lama, terutama di tempat tidur, mengakibatkan jam tidur yang lebih sebentar dan kualitas tidur yang lebih buruk.

Alasannya karena sinar biru yang dipancarkan oleh alat elektronik dapat mengganggu produksi melatonin di otak. Melatonin merupakan senyawa yang menimbulkan rasa kantuk. Semakin terpapar sinar tersebut, semakin sulit pula otak untuk menciptakan rasa kantuk.

4. Alkohol

Banyak orang yang menganggap alkohol dapat membuat cepat mengantuk. Namun sayangnya, hal ini justru membuat Anda memiliki kualitas tidur yang buruk. Setelah alkohol masuk ke metabolisme tubuh, ia akan membuat tubuh tidak tidur nyenyak, dan membuat terjaga sepanjang malam.