Inilah Daftar para Pemenang (dan Pecundang) di Academy Awards 2020

Art & Culture10 February 2020

By Larasati Oetomo

Inilah Daftar para Pemenang (dan Pecundang) di Academy Awards 2020

Mulai dari Parasite, Brad Pitt, Netflix, hingga Martin Scorsese, inilah daftar penuh pemenang beserta pecundang pada malam penghargaan Oscars 2020 yang dihelat di Dolby Theatre (9/2), waktu setempat.


WINNERS

Bong Joon-Ho – Parasite



Tak terpelakkan bahwa magnum opus dari sutradara kawakan Bong Joon-Ho menang telak malam itu. Bagaimana tidak? Ia memboyong begitu banyak nominasi utama mulai dari “Best Director”, “Best International Feature Film”, “Best Original Screenplay”, hingga gongnya “Best Picture”, mengalahkan nama besar lainnya seperti Martin Scorsese dan Quentin Tarantino. Boleh dikatakan Bong Joon-Ho adalah guncangan terbesar Asia di sinema global setelah Wong Kar-Wai di era ’90-an.

Hanya satu yang aneh. Di antara begitu banyak piala yang diraih, bagaimana mungkin tak satupun aktor “Parasite” menembus nominasi akting?

Brad Pitt – Once Upon A Time… In Hollywood



Bukan kali pertama bagi Pitt untuk menerima penghargaan Best Supporting Actor untuk perannya di “Once Upon A Time… In Hollywood”, menjadikannya bintang yang paling bersinar di antara nama besar lain yang berbagi frame dengannya seperti Margot Robbie dan Leonardo di Caprio. Ia juga kembali dengan pidato yang amat menyentuh, menyebutkan semua figur yang telah membawanya mulai dari awal karirnya hingga saat ini, serta menyebutkan anak-anaknya yang telah “mewarnai apapun yang saya lakukan.” Aww!

Joaquin Phoenix – Joker



Semoga Anda belum bosan untuk melihat Phoenix dan tuksedo Stella McCartney-nya di atas panggung penghargaan karena ia akhirnya memperoleh penghargaan tertinggi di Hollywood dalam kategori akting setelah memenangkan—berapa? Selusin? Dua lusin?—penghargaan lainnya di kategori yang sama. Sungguh figur yang kokoh untuk memerankan karakter paling kompleks di dunia sinema modern—the Joker himself.

Hosts : Maya Rudolph and Kristen Wiig



Tak hanya Anda, netizen, yang tak dapat mengalihkan perhatian Anda ketika melihat gaun sequin oranye yang dikenakan Maya Rudolph berdampingan dengan gaun merah “lasagna” Kristen Wiig di atas panggung—bahkan Billie Eilish pun tak dapat menyembunyikan rasa kagetnya!

Red Carpet: Spike Lee



Di antara para bintang laki-laki yang tampil datar dan membosankan malam itu, Spike Lee jelas tampak mencolok dengan tuksedo ungu-kuning berbordir “24” yang ia kenakan untuk mengenang legenda basket Kobe Bryant.

LOSERS

Netflix – Marriage Story



Untuk ukuran rumah produksi yang memecahkan rekor Oscars dengan memboyong 24 nominasi sekaligus, prestasi Netflix di malam penganugerahan malam itu bisa dibilang memalukan. Ia gagal untuk memboyong satu pun nominasi utama. Bahkan, karya andalannya “Marriage Story” yang amat dipuji berkat kemistri di antara Scarlett Johansson dan Adam Driver, tak mampu bersaing apik. Dibandingkan kedua aktor utamanya, aktris pendukung Laura Dern justru tampil gemilang sebagai pemenang Best Supporting Actress.

Martin Scorsese – The Irishman



Jujur, apabila saya adalah Martin Scorsese, saya akan meninggalkan Dolby Theatre malam itu dengan sembunyi-sembunyi melalui jalur bawah tanah agar tak kelihatan siapapun. Bagaimana tidak? Di antara 10 nominasi yang diberikan untuk “The Irishman”, ia justru hilang bak ditelan bumi di antara daftar pemenang malam itu.

Sam Mendes – 1917



Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan memenangkan beberapa kategori minor dan satu kategori mayor yaitu Best Cinematography namun, serupa dengan “The Irishman”, karya Sam Mendes ini bagai diberi harapan palsu untuk menyabet piala dengan 10 nominasi Oscars dan menang besar di BAFTA pekan lalu. Saya lebih baik memilih menjadi “Ford v Ferrari” yang tidak seberapa dijagokan banyak orang, namun toh tetap sukses menerima beberapa penghargaan.

Red Carpet: Gal Gadot



Baiklah, siapa yang hendak jadi yang pertaa untuk memberi tahu aktris Wonder Woman ini tentang gaun yang ia kenakan malam itu?