Share
Inilah Cara Ampuh Atasi Kulit Kusam dan Wajah Berminyak
Dewi Anggriani Siregar
20 April 2023

Kulit kusam dan berminyak kerap menjadi permasalahan banyak orang. Tidak hanya mengganggu penampilan, permasalahan kulit kusam dan berminyak juga memicu timbulnya jerawat sehingga kesehatan kulit wajah akan terganggu.


Kondisi ini dipengaruhi oleh banyak hal salah satunya adalah dehidrasi, penumpukan sel kulit mati, paparan sinar UV, kebiasaan dan pola hidup yang kurang sehat serta faktor genetik. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan kulit kusam dam berminyak.

Eksfoliasi
Perawatan yang satu ini sangat penting untuk permasalahan kulit kusam dan berminyak. Eksfoliasi dapat meremajakan kulit, kurangi produksi minyak, dan membersihkan pori-pori sehingga mencegah komedo atau jerawat.

Memakai Tabir Surya
Penggunaan tabir surya merupakan salah satu hal yang sangat penting dan tidak boleh terlewatkan. Tabir surya mampu mengatasi permasalahan kulit kusam serta menjaga elastisitas kulit.

Gunakan Pelembap
Kulit berminyak juga perlu moisturizer untuk mengontrol kelebihan minyak di wajah. Hanya saja Anda disarankan untuk memakai pelembap dengan jenis non comedogenic, berbahan dasar air, atau memiliki kandungan asam salisilat, retinoid, dan sodium hyaluronate.

Atur Pola Tidur Makan dan Pola Tidur
Perawatan dari luar saja tidak cukup, untuk mengatasi kulit kusam dan berminyak Anda sebaiknya juga memerhatikan pola tidur dan makan makanan yang bernutrisi untuk menyeimbangkan perawatan.