Inilah Beberapa Kuliner Khas Iran yang Kaya akan Rempah-Rempah dan Beraroma Lezat
Clara Enocensia
29 June 2022

Makanan khas Iran menawarkan gabungan antara rasa gurih dari rempah-rempah segar serta bumbu-bumbu seperti safron, inilah beberapa kuliner khas dari Iran yang wajib untuk anda cicipi saat berkunjung.


Selain negara-negara di Eropa yang banyak dijadikan pilihan destinasi wisata luar negeri bagi para wisatawan dunia, namun negara timur tengah juga memiliki hal menarik yang dapat memikat para wisatawan untuk mengunjungi negara di Timur Tengah. Salah satunya adalah Iran.

Makanan khas Iran terkenal dengan rasanya yang khas karena kaya rempah, kaya akan bumbu serta aromanya yang khas. Bahkan beberapa makanan justru menarik perhatian para wisatawan lantaran cara penyajiannya yang unik. Berikut beberapa kuliner khas dari Iran yang wajib untuk anda cicipi saat berkunjung.

1. Fesenjan

Hidangan ini kerap disuguhkan di pesta-pesta pernikahan di Iran. Sausnya yang kental terbuat dari kacang kenari, bawang, dan pasta delima yang direbus secara perlahan supaya bumbunya lebih meresap. Untuk menyeimbangkan rasa, akan ditambahkan kunyit, gula dan kayu manis.

2. Kashke Bademjan

Appetizer dari Iran yang beraroma ini dibuat dari terong yang di-grilled atau dipanggang dalam oven dan kashk, yaitu produk yang difermentasi yang biasanya dibuat dari yogurt whey.

3. Ash Reshteh

Ash Reshteh merupakan sup yang terbuat dari bahan mie dan berbagai macam sayuran serta kacang-kacangan.

Selain itu, untuk bagian topingnya diberikan daun mint, bawang merah goreng, dan bawang putih. Makanan ini menjadi hidangan wajib saat musim dingin tiba.

4. Sabzi Khordan

Hidangan yang satu ini memiliki cara penyajian yang unik. Sabzi Khordan ini terdiri dari roti datar, keju, kacang kenari, lobak, daun bawang, basil, cilantro dan daun mint. Cara memakannya adalah dengan menyobek roti, lalu isi bagian tengahnya dengan keju dan bahan-bahan lain.