Inilah Beberapa Khasiat dari Jahe Merah yang Baik untuk Kesehatan
Dewi Anggriani Siregar
18 July 2022

Tidak hanya digunakan sebagai rempah-rempah dan bumbu dapur untuk menyedapkan masakan, jahe memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.


Jahe merupakan salah satu jenis tanaman rimpang yang memiliki beberapa jenis. Rasa dan aromanya yang cukup khas membuatnya sangat disukai dan kerap kali digunakan untuk makanan. Salah satu dari jenis jahe adalah jahe merah.

Pada umumnya, jahe merah ini biasa digunakan sebagai campuran minuman. Namun, jahe merah ini memiliki aroma dan rasa yang jauh lebih pedas dan menyengat jika dibandingkan dengan jahe biasa. Berikut adalah beberapa manfaat jahe merah yang perlu Anda ketahui.

Meningkatkan Sistem Imun

Kandungan antioksidan dan sifat antiinflamasi serta antibakteri pada jahe merah mampu membantu memperkuat daya tahan tubuh. Selain itu, jahe merah juga mengandung gingerol dan shogaol yang berperan sebagai imunomodulator.

Meredakan Batuk dan Sakit Tenggorokan

Jahe merah memiliki kandungan minyak atsiri dan flavonoid yang dapat meredakan batuk. Selain itu, jahe memiliki sensasi hangat yang dapat membuat tenggorokan Anda menjadi lebih lega saat mengonsumsinya.

Mengatasi Masalah Pencernaan

Kandungan Escherichia coli, Salmonella enteriditis, dan Staphylococcus aureus di dalam jahe merah ini juga bisa melawan bakteri jahat dan melindungi sistem pencernaan Anda dari bakteri serta berbagai macam permasalahan pencernaan.

Meredakan Nyeri Otot dan Sendi

Sifat antiradang yang terdapat pada jahe merah dapat membantu meredakan peradangan akut dan kronis. Ekstrak jahe merah juga dipercaya mampu meredakan nyeri otot dan sendi.