Share
Inilah 3 Macam Cokelat dan Perbedaannya yang Perlu Anda Ketahui
Bunga Revina
07 July 2022

Jika Anda penikmat cokelat, pasti sudah tidak asing dengan cokelat hitam, cokelat susu, dan cokelat putih. Namun, bagaimana dengan perbedaannya?


Cokelat adalah hasil olahan makanan atau minuman yang terbuat dari produk kakao. Biji kakao yang telah difermentasi dan dikeringkan akan melewati beberapa tahapan proses untuk memperoleh cocoa liquor, cocoa powder, dan cocoa butter.

Secara garis besar, macam-macam cokelat terbagi menjadi 3 jenis, yakni cokelat hitam, cokelat susu, dan cokelat putih. Masing-masingnya memiliki komposisi tersendiri yang berbeda-beda. Berikut beberapa penjelasan mengenai ketiga jenis cokelat tersebut.

1. Dark Chocolate
Dark chocolate adalah jenis cokelat dengan kandungan padatan kakao yang paling tinggi. Jenis cokelat ini memiliki warna gelap kehitaman dan rasa yang cenderung lebih pahit dibandingkan jenis cokelat lainnya.

2. Milk Chocolate
Milk chocolate adalah jenis cokelat dengan kandungan yang terdiri dari padatan kakao, susu bubuk, gula, dan juga dapat mengandung lecithin.

3. White Chocolate
White chocolate adalah jenis cokelat yang unik dan tentunya tidak berwarna cokelat melainkan putih gading. Namun, white chocolate tetap diklasifikasikan sebagai cokelat karena ia mengandung produk turunan kakao, yakni sang lemak kakao.