Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Ini Keunikan-keunikan Berlian Langka dari Luar Angkasa yang Akan Dilelang Bulan Depan

Art & Culture25 January 2022

By Annisa Indah

Ini Keunikan-keunikan Berlian Langka dari Luar Angkasa yang Akan Dilelang Bulan Depan

Berbagai karya seni dan perhiasan langka telah dilelang di Sotheby’s, namun berlian yang satu ini benar-benar luar biasa.


"The Enigma," berlian hitam besar akan dilelang melalui Sotheby's bulan depan. Dilansir dari Travel and Leisure, berlian 555,55 karat ini sangat langka dan diyakini terbentuk di luar angkasa. Berlian ini diperkirakan tercipta dari dampak meteorik atau dari asteroid pembawa berlian yang bertabrakan dengan Bumi. Berlian hitam, atau carbonado, diperkirakan berasal dari 2,6 hingga 3,8 miliar tahun yang lalu. Berlian jenis ini merupakan salah satu bahan terkeras yang dikenal manusia dan sangat sulit untuk dipotong dan dipoles.


"Berlian ini telah disimpan dengan baik selama lebih dari dua dekade oleh pemiliknya, dan berlian itu sendiri belum pernah dipertunjukkan ke publik atau ditawarkan di pasar terbuka, jadi kami sangat senang memiliki kesempatan untuk menceritakan kisahnya kepada dunia," ujar Nikita Binani, Spesialis & Kepala Penjualan Perhiasan Sotheby di London. "Pelelangan ini menjadikesempatan sekali seumur hidup untuk memperoleh salah satu keajaiban kosmik paling langka berusia miliaran tahun."


Selain asal-muasalnya dari luar angkasa, "The Enigma" memiliki berbagai keunikan lainnya. Berlian berjenis Fancy Black Natural Color ini merupakan yang terbesar dari sejenisnya di dunia, serta merupakan berlian potong terbesar di dunia.


Berlian ini juga sarat angka 5. Selain bobotnya yang merupakan 555,55 karat, berlian ini memiliki 55 sisi. Bentuknya terinspirasi Hamsa, simbol telapak tangan Timur Tengah, yang menandakan perlindungan, kekuatan, dan kekuatan. Hamsa secara tradisional dikaitkan dengan angka lima.


Berlian ini akan dilelang secara online oleh Sotheby’s pada tanggal 3-9 February, dengan opsi untuk pembayaran menggunakan cryptocurrency.