Share
Ingin Coba Thrifting? Perhatikan Beberapa Tips ini Agar Belanja Tetap Nyaman dan Menyenangkan
Dewi Anggriani Siregar
06 June 2022

Pakaian merupakan salah satu penyumbang limbah terbesar yang dihasilkan oleh gaya hidup masyarakat.


Thrifting akhir-akhir ini menjadi salah satu kegiatan yang digandrungi bahkan menjadi trend khususnya di kalangan anak-anak muda. Selain bisa mendapat pakaian dengan harga miring, aktivitas thrifting mampu membantu mengurangi limbah pakaian secara signifikan.

Thrifting juga menjadi salah satu solusi agar tetap stylish dan fashionable dengan baju-baju yang memiliki harga terjangkau, namun tidak kalah keren dari pakaian baru dan mahal pada umumnya. Mengingat thrifting identik dengan barang second hand, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika akan melakukan thrifting.

Lakukan Riset Toko

Sebelum Anda memulai aktivitas thrifting, pastikan Anda telah mengetahui toko mana yang akan Anda datangi. Pastikan juga Anda telah melakukan riset terkait kualitas toko tersebut memang bagus dan terpercaya serta tidak akan mengecewakan.

Perhatikan Warna dan Kualitas Jahitan

Meski terlihat masih mulus dan layak pakai, pastikan Anda telah memeriksa setiap detail baju yang akan Anda beli secara thrift, mulai dari jahitan, warna, kondisi kancing, hingga tekstur kain.

Perhatikan Noda

Penting untuk Anda memerhatikan setiap bagian dan lipatan-lipatan baju. Pastikan bahwa baju yang akan Anda beli terbebas dari noda-noda membandel.

Menawar Harga

Anda bisa menawar harga baju thrift yang akan Anda beli. Pentingnya memerhatikan setiap detail baju thrift yang akan Anda beli adalah agar Anda bisa mendapat potongan harga apabila terdapat cacat pada baju tersebut.

Hati-hati Barang KW

Tidak jarang kita tergiur dengan baju yang memiliki nama brand tertentu. Jangan mudah tertipu, pastikan Anda telah mengecek secara detail kriteria baju dari brand tersebut, karena tidak jarang pedagang-pedagang nakal memalsukan brand untuk meraup keuntungan.

Langsung Dicuci

Mengingat baju-baju thrift yang Anda beli merupakan barang-barang bekas, sangat penting untuk langsung mencuci semua pakaian-pakaian yang Anda dapatkan dari hasil thrifting tersebut. Bila perlu rendam baju-baju tersebut dalam cairan antiseptik dan detergen agar terhindar dari kotoran serta bakteri-bakteri yang menempel.