Share
Ingin Berlibur Sendirian? Inilah 5 Kota Permata Dunia yang Ideal untuk Solo Traveling
Trisha Aulia
12 January 2024

Dari negeri dongeng yang diselimuti es hingga pulau kecil yang terkepung perairan jernih nan pirus, inilah 5 kota permata yang menanti jejak langkah solo traveler pemberani.


Mencari destinasi traveling yang sempurna bukanlah perkara yang mudah, terutama jika Anda adalah seorang solo traveler. Tidak hanya sekadar soal pencarian destinasi yang indah, ketika Anda bepergian sendiri, ada lebih banyak pertimbangan yang perlu dilakukan sebelum memulai petualangan Anda.

Dihadapkan dengan peta dunia yang terbentang pun mungkin tidak akan membantu Anda tetapi malah justru membuat dilemma yang terdapat di dalam hati Anda bertambah besar. Sebelum Anda terlarut dalam pusaran keraguan dari pencarian destinasi solo traveling yang tiada akhirnya, mari kita telusuri beberapa kota yang dianggap sebagai destinasi terbaik untuk para solo traveler seperti Anda.

Apakah Anda seorang pencinta adrenalin yang mendambakan petualangan yang mendebarkan? Atau mungkin Anda memiliki jiwa tenang yang kian mencari langit berbintang dan hening? Apakah jadwal yang ketat dan rencana tersusun lebih cocok dengan irama petualangan Anda, atau justru ketidaktentuan yang menyulut api eksplorasi Anda? Tidak perlu khawatir karena siapapun akan menemukan pengalaman yang tak terlupakan di destinasi-destinasi berikut.

Dari negeri dongeng yang diselimuti es hingga pulau kecil yang terkepung perairan jernih nan pirus, inilah 5 kota permata yang menanti jejak langkah solo traveler pemberani:

1. Harbin, Tiongkok

Harbin

Harbin adalah kota multikultural yang dihuni oleh orang-orang dari berbagai latar belakang. Hal ini tercermin dalam keragaman budaya yang ada di kota ini. Anda dapat menemukan berbagai macam kuil, gereja, dan masjid di Harbin, serta berbagai festival dan acara budaya yang diselenggarakan sepanjang tahun.

Dikelilingi oleh pegunungan dan hutan, Harbin memiliki pemandangan alam yang indah. Salah satu tempat wisata alam paling populer di Harbin adalah Danau Songhua. Danau ini adalah danau terbesar di Provinsi Heilongjiang, dan merupakan tempat yang tepat untuk bersantai dan menikmati pemandangan. Anda juga dapat melakukan berbagai kegiatan air di Danau Songhua, seperti berlayar, memancing, atau bermain ski air.

Salah satu ikon paling terkenal di Harbin adalah Festival Patung Salju dan Es Internasional. Festival ini diadakan setiap tahun pada bulan Januari dan Februari, dan menampilkan berbagai patung es dan salju yang menakjubkan. Festival ini adalah salah satu atraksi wisata paling populer di Harbin, dan merupakan kesempatan yang bagus untuk melihat seni dan budaya Tiongkok yang unik. Anda bahkan bisa menikmati berbagai olahraga musim dingin di sini!

Harbin adalah kota yang sempurna untuk solo traveler yang mencari petualangan unik dan tak terlupakan. Kota ini menawarkan perpaduan unik antara budaya, sejarah, dan keindahan alam yang akan membuat Anda takjub.

2. Munich, Jerman

Munich

Munich, ibu kota Bavaria, Jerman, adalah kota yang menawarkan perpaduan sempurna antara sejarah, budaya, dan kehidupan malam. Kota ini adalah rumah bagi berbagai museum, galeri seni, dan tempat bersejarah, serta menawarkan berbagai pilihan untuk hiburan malam.

Munich memiliki sejarah yang panjang dan kaya, yang dapat Anda saksikan di berbagai situs bersejarah di kota ini. Salah satu situs bersejarah paling terkenal di Munich adalah Marienplatz, alun-alun kota yang ramai yang dikelilingi oleh bangunan-bangunan bersejarah, termasuk Gereja Our Lady dan New Town Hall.

juga merupakan rumah bagi berbagai museum dan galeri seni yang menampilkan karya seni dari seluruh dunia. Beberapa museum paling populer di Munich termasuk Deutsches Museum, museum sains terbesar di dunia, dan Alte Pinakothek, museum seni yang menampilkan koleksi seni klasik Eropa.

Selain bangunan-bangunan bersejarah dan museum-museum yang kaya akan seni, Munich dikenal dengan kehidupan malamnya yang semarak. Kota ini memiliki berbagai pilihan untuk hiburan malam, termasuk bar, klub malam, dan konser. Beberapa tempat hiburan malam paling populer di Munich termasuk Hofbräuhaus, kedai bir terbesar di dunia, dan P1, klub malam mewah yang sering dikunjungi oleh selebriti.

3. Budapest, Hongaria

Budapest

Budapest adalah salah satu kota terbaik di Eropa untuk solo traveling. Ramai dengan aktivitas, dipenuhi suasana yang luar biasa, memiliki keamanan yang cukup tinggi, sulit untuk tidak jatuh cinta dengan ibu kota Hongaria.

Budapest menawarkan beragam aktivitas yang terjangkau. Baik Anda tertarik untuk melihat budaya pesta khas Hongaria yang semarak atau ingin mempelajari lebih lanjut tentang sejarah Hongaria yang menakjubkan, ada banyak hal yang dapat dilakukan di kota ini sehingga Anda dapat dengan mudah mengisi siang dan malam Anda.

Beberapa kegiatan yang tidak boleh Anda lewatkan sebagai seorang solo traveler adalah menikmati pemandian air panas dan juga mengagumi keindahan arsitektur yang menghiasi seluruh kota. Tenangkan jiwa Anda di pemandian Szechenyi, nikmati keindahan Gedung Parlemen Hungaria dan Basilika St. Stephen yang megah yang kaya akan sejarah, dan temukan kehidupan malam yang meriah di bar reruntuhan Budapest, pub unik yang bertempat di gedung-gedung terbengkalai.

Apapun tujuan Anda, kota yang dinamis ini menawarkan perpaduan sejarah, kehidupan malam, dan relaksasi, sempurna untuk melepas lelah dan memanjakan diri.

4. Praha, Republik Ceko

Prague

Kota Eropa lain yang menakjubkan untuk solo travelers adalah Praha. Praha sangat mirip dengan Budapest dalam hal keamanan, ada banyak hal untuk dilihat dan dilakukan, kehidupan malam sangat menyenangkan dan sangat sosial menjadikannya pilihan tujuan perjalanan pertama yang sempurna untuk solo travelers.

Praha adalah kota yang sangat mudah untuk dijelajahi dengan berjalan kaki, dan berjalan kaki di jalanan adalah cara yang paling tepat untuk berkeliling dan membenamkan diri Anda sepenuhnya di kota ini.

Praha menawarkan suasana yang luar biasa sepanjang tahun dan memiliki banyak arsitektur indah serta sejarah yang menarik. Kota ini merupakan perpaduan berbagai gaya arsitektur, termasuk Gotik, Barok, dan Renaisans. Beberapa bangunan bersejarah paling terkenal di Praha termasuk Kastil Praha dan Jembatan Charles.

Ketika berkunjung ke Praha, Anda dapat mencoba beberapa aktivitas baru, seperti menonton konser klasik atau mengunjungi salah satu perpustakaan terindah di dunia. Praha juga merupakan kota yang bagus dalam hal kehidupan malam, bahkan dinobatkan sebagai salah satu kota terbaik di Eropa untuk berpesta.

5. Corfu, Yunani

Corfu

Lupakan Athens dan Santorini! Ketika Anda merencanakan untuk bepergian ke Yunani, cobalah kunjungi Corfu. Pulau ini terletak di utara Yunani, dekat perbatasan Albania. Corfu adalah pulau hijau yang indah, dengan vegetasi yang menakjubkan dan pemandangan yang indah.

Corfu memiliki banyak pantai yang spektakuler, namun di antara banyaknya pasir putih dan laut biru terdapat permata tersembunyi bernama Porto Timoni. Terletak di ujung barat laut pulau, Porto Timoni bukan sekadar pantai, melainkan bentang alam unik yang terdiri dari dua teluk kecil yang dipisahkan oleh sebidang tanah. Anda dapat menikmati dua pantai berbeda dalam satu kunjungan dan pantai dua sisi ini adalah salah satu pantai terbaik di Yunani!

Pantai sebelah barat lebih berpasir dan ideal untuk berjemur, sementara pantai sebelah timur berbatu dan cocok untuk snorkelling dan berenang. Mencapainya pun menjadi petualangan tersendiri. Anda bisa memilih trekking menuruni jalur setapak dari desa Afionas (sekitar 30 menit) atau berjemur di pantai Agios Georgios dan menyewa perahu untuk sampai ke sana.

Dari Corfu, Anda juga dapat melakukan perjalanan yang menakjubkan ke Paxos dan Anti Paxos, dan berenang di perairan paling jernih yang pernah Anda lihat. Corfu adalah destinasi solo traveling yang sempurna bagi Anda yang mencari liburan yang santai dan menenangkan, jauh dari hiruk pikuk kota metropolitan.