Ingin Bantu Selamatkan Bumi, Berikut Cara Kurangi Sampah dengan Mudah

Art & Culture12 September 2021

By Clara Enocensia

Ingin Bantu Selamatkan Bumi, Berikut Cara Kurangi Sampah dengan Mudah

Begitu banyak masalah lingkungan yang ditimbulkan oleh limbah sampah terutama plastik. Mari kita sayangi lingkungan dengan mengaplikasikan langkah-langkah mudah untuk ikut mensukseskan gerakan go green.


Indonesia adalah salah satu negara penyumbang sampah plastik terbanyak di lautan yang menempati posisi kedua, setelah China. Selain di laut, kondisi limbah plastik di kota-kota besar pun semakin melimpah.

Tak hanya plastik, sampah lain seperti sampah rumah tangga, barang-barang elektronik, dan sampah lainnya seperti pakaian, sepatu, dan furniture, jumlahnya sangat besar. Jika hal ini dibiarkan tentu saja akan semakin merusak kondisi lingkungan. Maka dari itu mari kita simak cara-cara mudah untuk hidup go green, yang dapat Anda aplikasikan mulai dari sekarang.

Bawa Botol Minuman Sendiri


Anda bisa memberikan kontribusi baik untuk bumi, dengan cara membawa botol minum sendiri saat bepergian. Isi penuh botol Anda dari rumah dan isi ulang kembali di tempat-tempat singgahmu. Bahkan, kini Anda bisa membeli minuman favorit yang langsung di isi ulang di dalam botol minum tersebut. Pilihlah botol minum dengan motif kesukaan untuk ceriakan hari Anda.

Hindari alat makan sekali pakai

Anda dapat menggunakan peralatan makan yang dapat digunakan berulang kali. Untuk mengurangi sampah plastik, Anda dapat membawa tempat makan lengkap dengan alat makan yang dapat dengan mudah dibawa kemana pun. Jangan lupa gunakanlah tempat makan tersebut, saat Anda ingin membeli makanan sebagai pengganti kemasan sekali pakai.

Membawa tas

Bawa selalu tas belanja yang dapat Anda pakai berulang kali saat kamu ke luar rumah. Saat berbelanja, mintalah pada kasir untuk tidak memberikan kantong plastik melainkan masukkan dan susun belanjaan langsung di dalam tas kain Anda. Cara mengurangi sampah plastik ini mungkin terlihat kecil tetapi besar dampaknya bagi lingkungan sekitar.