Share
IBW 2023: Mahalini dan Perjalanan Bersinarnya di Industri Musik
Bunga Revina Palit
22 May 2023

Selain memiliki bakat bermusik yang luar biasa, Mahalini juga terbukti memiliki tekad yang luar biasa dalam meraih mimpinya.


Ni Luh Ketut Mahalini Ayu Raharja atau yang biasa dikenal Mahalini adalah salah satu jebolan Indonesia Idol yang namanya kian sukses dikenal publik. Selain dikenal sebagai seorang penyanyi yang memiliki suara yang khas, Mahalini juga handal sebagai penulis lagu. Mahalini mengaku mulai tertarik dengan bidang tarik suara sejak melihat ayahnya sering menyanyi di rumah. Hal tersebut membuatnya tertarik untuk bernyanyi hingga mengikuti kursus vokal sejak kelas 5 SD. Kemudian saat duduk di bangku SMP, Mahalini mulai bergabung ke grup vokal di sekolahnya dan beberapa kali mengikuti kompetisi bernyanyi.

Tak lama dari itu, Mahalini pun merilis single perdananya yang bertajuk “Bawa Dia Kembali” pada tahun 2015. Peluncuran single perdananya ini digelar di SMPN 1 Denpasar pada 17 Januari 2015. Menurut Bobby Sandhora selaku produser musik Indonesia, Mahalini memang sudah terlihat berbakat di bidang tarik suara dan dapat bersikap secara professional.

Pada tahun 2019, Mahalini pun mengikuti ajang pencarian bakat, Indonesia Idol musim kesepuluh. Sebelumnya ia sempat mengikuti audisi tersebut di musim kesembilan namun mengalami kegagalan. Awal mula dirinya mengikuti ajang Indonesia Idol di musim kesepuluh karena dirinya mendapatkan undangan untuk mengikuti audisi Indonesia Idol di Bali. Hingga akhirnya, Mahalini melanjutkan audisinya ke Jakarta dan berhasil mendapatkan ‘golden ticket’.

Perjalanan Mahalini di Indonesia Idol begitu cemerlang hingga ia harus tereliminasi pada babak 5 besar. Namun perjalanannya tidak berhenti sampai disitu, langkah Mahalini untuk terus mengejar mimpinya di dunia musik tetap terus berlanjut. Di bawah naungan Hits Record, Mahalini pun merilis single “Aku yang Salah’ yang berkolaborasi dengan Nuca pada tahun 2020.

Kemudian di tahun 2021, Mahalini kembali merilis single solo yang berjudul “Melawan Restu" dan membuatnya mendapatkan penghargaan New Artist of the Year dari Indonesia Music Awards 2021. Selanjutnya pada tahun 2021, Mahalini kembali merilis single ketiganya yang berjudul “Sisa Rasa”. Lagu ini khusus ia persembahkan untuk mengenang sang ibu tercinta. Dalam penciptaan lagu tersebut, Mahalini turut berkontribusi sebagai penulis lirik dan Martinus Tintin sebagai komposer.

Hingga pada tanggal 23 Januari 2023, Mahalini akhirnya merilis album studio perdana berjudul “Fábula” di bawah label rekaman Hits Records. Album ini berdurasi 40 menit 15 detik dengan 10 lagu, yang diantaranya Melawan Restu, Sisa Rasa, Kisah Sempurna, Bohongi Hati, Ini Laguku, Buru-Buru, Bawa Dia Kembali, Putar Waktu, Pecahkan Hatiku, dan Sial.

Tak hanya itu, Mahalini juga menciptakan lagu untuk penyanyi Rossa dengan judul “Lupakan Cinta”. Lagu ini menjadi yang pertama kali lagu ciptaannya dinyanyikan oleh penyanyi lain. Lagu ini masuk dalam album milik Rossa berjudul "Another Journey: The Beginning" yang dirilis pada 10 Februari 2023.

Meski terbukti memiliki bakat yang luar biasa dalam bermusik, Mahalini tidak serta merta meraih mimpinya dengan proses yang cepat. Banyaknya tantangan dan kegagalan yang pernah ia lalui yang akhirnya dapat membentuk dirinya menjadi bintang besar seperti sekarang.

Text BUNGA REVINA PALIT
Photos MOZA WAHYU
Stying FHERIO
Makeup VINA VANIA
Hair RURI PADWA
Beauty & Style Coordinator RULY ADIANTO