Konservasi Alam jadi Konsep Rumah Masa Depan ala IKEA

Design06 July 2020

By Annisa Laksmintari

Konservasi Alam jadi Konsep Rumah Masa Depan ala IKEA

Dengan kondisi bumi yang serba tak menentu, kehidupan di masa depan pun mungkin tak seapik peradaban futuristik yang sering digambarkan di sinema. Rancangan masa depan yang mengutamakan swadaya dan berorientasi lingkungan pun akan menjadi pilihan yang elok.


Konsep rumah masa depan ala IKEA yang bertajuk IKEA Home of Tomorrow didirikan di Szczecin, Polandia. Rancangan rumah ini mengajak penghuninya untuk hidup serasi dengan alam dan memberikan berbagai contoh agar pengunjung dapat memberikan solusi ramah lingkungan ke dalam rumah mereka.

Seperti yang diketahui, bumi sudah banyak mengalami berbagai masalah yang berkaitan dengan lingkungan seperti jumlah sampah yang berlebih, pemborosan sumber daya alam, hingga defisit pangan dan lahan hijau.

Rumah contoh IKEA ini didesain dengan mengalkulasikan kebutuhan makanan, penggunaan air, dan produksi limbah sehingga hasil dari satu proses dapat menjadi bahan baku untuk proses selanjutnya. Contoh luaran dari hasil kalkulasi ini adalah kebun yang menggunakan sistem tanpa tanah (aquaponics, hydroponics, aeroponics) sehingga menggunakan jauh lebih sedikit air dibandingkan medium tanam konvensional. Kebun jenis ini dapat dimanfaatkan untuk menanam tomat, cabai, kentang, kol, kacang-kacangan, stroberi, rempah-rempah, dan beberapa jenis jamur—lengkap untuk bahan masakan sehari-harinya.

Interior rumah pun dibuat asri, lengkap dengan berbagai perabotan kayu yang semakin mengusung konsep menyatu dengan alam.