Share
IBW 2023: Debby Langi - Harmony in Responsibility
Dewi Anggriani Siregar
22 May 2023

Mengemban peran sebagai seorang wanita karir dan ibu rumah tangga, manajemen waktu menjadi hal penting bagi Debby Langi untuk menjalankan bisnis serta memberikan yang terbaik bagi keluarga dan pekerjaannya.


Sebagai seorang pengusaha salah satu perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi, Debby Langi dan suami telah berkecimpung selama kurang lebih 18 tahun di PT Cyber Network Indonesia (CNI). Perusahaan ini merupakan perusahaan IT yang menyediakan jaringan internet, data center maupun layanan berkonsultasi mengenai data center dan hal lain yang berhubungan dengan telekomunikasi.

“Hal yang melatarbelakangi kami menjalankan bisnis ini salah satunya adalah karena suami saya menguasai bidang Ini. Tidak dapat dipungkiri, bahwa seperti yang kita tau saat ini semua hal dan bidang pekerjaan apapun merupakan IT based dan membutuhkan internet serta data center,” ungkapnya.

Bersinergi bersama dalam membangun dan memajukan sebuah bisnis, Debby mengaku bahwa strategi yang ia jalankan adalah dengan mengikuti perkembangan teknologi, memberikan solusi, layanan, serta harga terbaik bagi konsumen dan juga tetap menjaga kualitas termasuk after sales perusahaan. Dalam hal kepemimpinan, Debby rupanya merupakan salah satu pemimpin yang selalu melibatkan seluruh karyawan untuk bekerja sama dan membangun sebuah tim sehingga mampu meraih achievement dan goal perusahaan.

Di tengah kesibukannya sebagai seorang wanita karir, Debby Langi juga menjalankan peran dan tanggung jawabnya sebagai seorang ibu di mana ia harus mengurus suami dan ketiga anaknya.

“Cara saya menyeimbangkan antara pekerjaan dengan keluarga saya adalah berusaha sebisa mungkin untuk memberikan yang terbaik dan fokus dengan pekerjaan saya ketika weekdays. Di malam hari saya menyempatkan waktu untuk mendengarkan cerita suami dan anak-anak saya, saya paham betul bahwa ada kebutuhan yang tetap harus saya penuhi di sela-sela kesibukan saya,” jelasnya. Ia juga mengatakan bahwa weekend menjadi momen berharga yang wajib ia habiskan bersama keluarga.

“Kebetulan anak saya juga saat ini juga ada yang sedang bersekolah di Amerika, sehingga saya tentu harus menyempatkan diri untuk mengunjungi dan menghabiskan waktu bersama agar tetap terjaga hubungan anak dan ibu ini,” tambahnya.

Sebagai seorang istri, ibu, sekaligus wanita karir, Debby juga merupakan salah satu orang yang sangat peduli terhadap dunia fashion. Baginya, fashion adalah sebuah bentuk penghargaan terhadap diri pribadi sehingga orang lain juga mampu menghargai kita dengan baik. “Gaya berbusana dalam keseharian saya itu simpel dan elegan, yaitu bisa digunakan dalam berbagai occasion baik menghadiri acara formal seperti meeting ataupun sekadar berkumpul dengan teman-teman atau keluarga,”

Di samping fashion, Debby mengatakan bahwa kecantikan bukanlah tentang apa yang terpancar dari luar saja; cantik adalah sesuatu yang hadir dari dalam diri. Pancaran itulah menurutnya yang memiliki kekuatan lebih besar dari apapun. Kedua hal tersebut bagi Debby mampu membantu siapa saja dalam menunjang dan menyeimbangkan penampilannya. Tidak hanya itu, Debby juga menyampaikan pesan dan harapannya kepada seluruh perempuan-perempuan Indonesia agar semakin kuat dan dapat bersama-sama membangun Indonesia ke arah yang lebih baik lagi.

Photos: Isnu Dwimartanto
Styling: Bung Bung Mangaraja