Share
IBW 2022: Devina Hermawan Semakin Bersinar dalam Industri Seni Kuliner Indonesia
Listya Manopo
12 April 2022

Devina Hermawan tak henti-hentinya membuat takjub. Dia tidak hanya berkecimpung tetapi juga bersinar dalam berbagai hal yang dia lakukan sepenuh hati dan jiwa, khususnya dalam industri seni kuliner di Indonesia.


Melalui saluran Youtube yang dimilikinya, dia mencoba membagikan berbagai macam resep hidangan, serta tak lupa memastikan kepada publik bahwa tidaklah sulit untuk menyajikan makanan yang lezat di atas meja. Selain terkenal sebagai seorang Youtuber, ibu dua anak ini juga merupakan salah satu selebriti chef paling ternama di industri kuliner Indonesia saat ini. Ia juga bahkan terpilih menjadi brand ambassador untuk beberapa merek. Tidak hanya itu, ia juga dikenal sebagai penulis buku masak terkenal dan juga pembawa acara memasak di televisi yang berjudul Dapur Devina.

Tidak pernah resmi masuk sekolah kuliner, Devina memang memiliki hobi memasak sejak usia dini, di mana ia sering memasak untuk acara kumpul keluarga dan acara sosial. “Saya mendapatkan 'pengetahuan memasak' saya dari setiap sumber yang tersedia, dari buku, video, dan juga platform lainnya. Setelah kuliah, saya terlibat dalam beberapa proyek mulai dari restoran, bar, layanan katering, dan makan malam pribadi. Di situlah saya mendapatkan pemahaman dan pengalaman yang lebih tinggi dalam menangani dapur profesional,” ungkapnya.

Devina sendiri lebih suka memasak hidangan sederhana dengan rasa dan tekstur yang beran. Ia sangat ingin orang-orang dapat menikmati dan memahami pentingnya hidangan tersebut. “Saat ini saya sedang memperdalam pemahaman tentang masakan Indonesia, yang sering saya padukan dengan jenis masakan lain. Video memasak saya biasanya tentang resep dasar, yang dapat dengan mudah diikuti semua orang di rumah, tetapi dengan teknik yang tepat,” Devina menjelaskan.

Saat ini sedang mengandung bayi ketiganya, Devina tentu saja menghadapi dilema yang dialami oleh setiap ibu bekerja, namun ia dengan ahli mengatasi situasi tersebut dengan perencanaan yang matang dan manajemen waktu yang efisien.

“Harus saya akui, terkadang saya menyaring tawaran pekerjaan yang datang, tidak hanya untuk menjaga kualitas, tetapi juga untuk menyeimbangkan peran saya sebagai ibu dan koki. Jika jadwal saya menjadi terlalu padat, pendelegasian adalah kunci untuk produktivitas yang optimal,” ungkapnya

Baginya, kecantikan sangat terkait dengan cinta diri, di mana seseorang merasa nyaman dan percaya diri. “Jika kita merasa nyaman dengan siapa kita sebenarnya, baik secara fisik, mental atau bahkan sesederhana apa yang kita kenakan, kita akan menjalani hari-hari kita dengan cara yang positif dan percaya diri. Dari situ, saya percaya inner beauty kita akan otomatis terpancar, berpadu dengan penampilan luar kita, baik makeup maupun pakaian,” tambah wanita cantik itu.

Terakhir, Devina berterima kasih kepada pahlawan Indonesia RA Kartini karena telah membuka jalan bagi perempuan Indonesia modern yang saat ini dapat menikmati belajar, bekerja dan setara dengan rekan laki-laki mereka. Tantangan kali ini berbeda dengan yang dihadapi Kartini saat itu, di mana pendidikan bagi perempuan bukan lagi tantangan.

“Begitu banyak stigma dan diskriminasi terhadap perempuan dalam peran budaya mereka yang telah terbantahkan, karena semakin banyak perempuan memegang peran dan posisi penting di berbagai bidang. Namun, ada batasan tertentu, yaitu fisik, yang dimiliki wanita dibandingkan dengan pria. Sebagai perempuan, kita tidak boleh membiarkan keterbatasan ini menjadi alasan kita berhenti mengembangkan diri dan memperjuangkan perjuangan kita. Di sinilah kita harus membuktikan kepada dunia bahwa kita mampu menemukan solusi dari tantangan tersebut, dengan semangat RA Kartini yang tak pernah padam,” tutup Devina.

Acara penghargaan Indonesia’s Beautiful Women ini dapat disaksikan secara langsung melalui platform YouTube majalah HighEnd pada tanggal 12 April 2022, pada pukul 15.00 WIB. Anda dapat mengaksesnya pada link ini.

https://www.youtube.com/user/highendmagz