IBW 2021: Tiara Andini, Music for the Soul

Profile30 July 2021

By Vanya Gabriela

IBW 2021: Tiara Andini, Music for the Soul

Musisi muda bermultitalenta Tiara Andini, berhasil memikat hati Indonesia dengan jiwa musisi yang penuh perasaan, suaranya yang merdu dan penampilan yang menawan. Sekarang namanya semakin berkibar di dunia hiburan sejak debutnya di Indonesian Idol 2020.


Musik sekali masuk ke dalam jiwa, akan menjadi semangat tidak pernah mati.

Perkenalkan Tiara Anugrah Eka Setyo Andini, lahir 23 September 2001, dikenal dengan nama panggung Tiara Andini - penyanyi, aktris dan presenter Indonesia. Nama Tiara Andini memang sudah tidak asing lagi di telinga publik, apalagi sejak debutnya di Indonesian Idol 2020 di mana ia meraih juara kedua. Sebagai runner up, Tiara telah berhasil memikat hati banyak penggemar dengan jiwa musisi yang penuh perasaan, suaranya yang merdu dan penampilan yang menawan. Dia tampak seperti terlahir untuk panggung - terlahir untuk menjadi seorang entertainer.

Sekarang, seorang remaja berusia 20 tahun, Tiara telah memiliki hobi menyanyi sejak ia duduk di bangku Taman Kanak-kanak, dan ia memulai pelatihan vokal sejak kelas lima Sekolah Dasar. Ia merupakan anak tertua dari tiga bersaudara dan sejak kecil ia bergabung dan menjadi anggota aktif Jember Fashion Carnaval sebagai model cilik.

Di tahun 2018, Tiara dipercaya untuk menjadi walk in fashion show Jember Fashion Carnaval bertema Korea Selatan pada penutupan Asian Games 2018. Tiara merupakan seorang gadis dengan musik dalam jiwanya, tumbuh di bawah sorotan dan perlahan-lahan dia telah terbiasa dengannya, cahayanya bukan lagi orang asing tetapi kenalan yang hangat di atas panggung.

Kesuksesannya tumbuh perlahan setelah kemunculannya di Indonesian Idol 2020. Pada 9 Juli 2020, Tiara merilis lagu "Maafkan Aku, Terlanjur Mencinta" yang ditulis oleh Yovie Widianto. Setelah dirilis, lagu tersebut mencapai nomor 1 di semua chart platform musik digital di Indonesia dan video musik untuk lagu tersebut menduduki peringkat nomor dalam daftar trending YouTube di Indonesia. Mengikuti rilis itu, Tiara merilis music series “ArTi Untuk Cinta” pada tahun 2021 dimana dia berkolaborasi dengan penyanyi, Arsy Widianto.

Sumber foto: Rudi Sulistya

Baca juga: “Menuju Panggung Internasional” Profil Carla Yules, Bintang Cover HighEnd Magazine November 2020"