Share
Hyundai Hadirkan Mobil Listrik Terbaru dan Inovasi Layanan Terdepan di IIMS 2024
Dewi Anggriani Siregar
23 February 2024

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mempertegas komitmennya untuk menghadirkan solusi mobilitas terdepan di Indonesia pada partisipasinya di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 yang berlangsung selama 15–25 Februari 2024 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta.


Melalui perhelatan ini juga Hyundai ingin memperkuat kepemimpinannya di ekosistem kendaraan listrik melalui semangat baru bertajuk "Hyundai EV. Expect more." guna mendorong elektrifikasi di Indonesia yang ditunjukkan melalui peluncuran IONIQ 5 Batik serta menampilkan SEVEN Concept dan All New KONA Electric. Menjadi pionir dalam memperkenalkan kendaraan listrik sebagai solusi mobilitas masyarakat Indonesia sejak 2020, Hyundai telah membuktikan komitmennya dalam membangun ekosistem EV dari hulu ke hilir melalui pembangunan pabrik battery cell dan battery pack, produksi EV perdana dalam negeri, serta perluasan lebih dari 200 charging station di seluruh penjuru Indonesia. Upaya-upaya ini berperan penting dalam menyokong transformasi menuju transportasi kendaraan listrik, sekaligus membuka peluang baru bagi industri otomotif Indonesia dalam mengadopsi teknologi canggih dan berkelanjutan.

“Hyundai memiliki visi Progress for Humanity untuk terus berinovasi menciptakan masa depan yang lebih baik, salah satunya melalui pengembangan berkelanjutan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia yang memiliki potensi besar untuk menjadi pemain penting di ASEAN. Hal ini selaras dengan salah satu misi pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai EV hub di Asia Tenggara. Sejalan dengan mimpi besar ini, Hyundai akan terus memimpin dan mengakselerasi elektrifikasi industri otomotif di Indonesia dengan mendorong penguatan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia melalui investasi terarah dan kemitraan strategis yang merangkul pemangku kepentingan secara luas, baik itu pemerintah maupun pelaku industri terkait.” ungkap Woojune Cha selaku President Director PT Hyundai Motors Indonesia.

Sejalan dengan hal tersebut, Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia pun mengatakan, “Hyundai EV. Expect more.” menjadi manifestasi terbaru dari komitmen Hyundai dalam memperkuat pengembangan berkelanjutan dari lini kendaraan listrik Hyundai di Indonesia beserta ekosistem pendukungnya. Hadirnya semangat baru "Hyundai EV. Expect more." pun mempertegas komitmen Hyundai untuk menghadirkan produk inovatif tiap tahun di Indonesia demi menjawab kebutuhan mobilitas masa depan masyarakat. Ke depan, Hyundai akan terus mengakselerasi era mobilitas terdepan di Indonesia yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat luas dalam jangka panjang.” tuturnya.

"Hyundai EV. Expect more." mengajak masyarakat untuk semakin yakin dalam beralih ke kendaraan listrik dan merasakan mobilitas masa depan yang sesungguhnya. Di sini, Hyundai menunjukkan bagaimana pengguna menikmati kepemilikan kendaraan listrik yang worry-free hasil dari pengalaman berkendara terdepan, layanan after-sales andal, dan ekosistem teknologi terintegrasi. Semangat ini juga memperkuat komitmen berkelanjutan dari Hyundai dalam mendukung pemerintah melengkapi ekosistem kendaraan listrik Indonesia, yang sebelumnya telah Hyundai lakukan lewat pembangunan pabrik hingga jaringan charging station.

HYUNDAI 1

Komitmen berkelanjutan Hyundai untuk percepatan elektrifikasi industri otomotif di Indonesia Kehadiran berbagai model kendaraan listrik di IIMS 2024 termasuk dua special display dan satu mobil listrik terbaru, semakin menegaskan peran krusial Hyundai dalam mengakselerasi era elektrifikasi di Indonesia. Sejalan dengan peta jalan program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) dari Pemerintah Indonesia, Hyundai membangun ekosistem kendaraan listrik yang lengkap di Indonesia, di mana upaya tersebut menjadi bagian dari investasi keseluruhan senilai USD 3 miliar. Investasi strategis tersebut meliputi pembangunan kompleks infrastruktur terintegrasi untuk mengamankan value chain EV dalam negeri.

Kompleks infrastruktur tersebut meliputi pabrik sel baterai dan battery system pertama di Indonesia, yang masing-masing berlokasi di Karawang dan Cikarang. Pabrik sel baterai yang dioperasikan PT HLI Green Power akan mampu memproduksi sel baterai lithium-ion dengan total kapasitas 10 GWh per tahun untuk memenuhi kebutuhan lebih dari 150.000 unit BEV. Lalu, pabrik battery system yang dioperasikan Hyundai Energi Indonesia ditargetkan untuk memproduksi hingga 50.000 unit Battery System Assembly (BSA) tiap tahun. Kedua fasilitas yang akan beroperasi mulai April 2024 ini melengkapi pabrik PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) yang akan menambah kapasitas produksi mobil listrik hingga 70.000 unit pada 2024. Beroperasinya tiga pabrik Hyundai di Indonesia secara serentak akan menghadirkan kendaraan listrik dengan komponen baterai buatan lokal untuk pertama kalinya. Model-model BEV Hyundai ini pun diproyeksikan untuk menjawab kebutuhan pasar Indonesia dan luar negeri, khususnya di Asia Tenggara.

HYUNDAI 2

Hyundai juga telah memimpin era elektrifikasi sektor otomotif Indonesia dengan menghadirkan lini IONIQ serta KONA Electric sejak 2020 dan solusi after-sales terdepan yang menyesuaikan kebutuhan kendaraan listrik. Upaya berkelanjutan Hyundai dalam memajukan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia turut dilakukan dengan menyediakan jaringan charging station di lebih dari 200 titik, termasuk Ultra Fast Charging Station tercepat di Indonesia, dan akan diperluas ke lebih banyak wilayah. Upaya tersebut pun telah diwujudkan lewat kemitraan strategis untuk mengekspansi charging station Hyundai di berbagai titik lokasi yang semakin memudahkan akses bagi pengguna kendaraan listrik. Hyundai juga berencana untuk memperluas kolaborasinya dengan pihak lain dalam membangun lebih banyak charging station untuk makin meningkatkan kenyamanan berkendara dengan kendaraan listrik. Sejalan dengan respons positif konsumen terhadap EV, Hyundai pun berkomitmen untuk terus meningkatkan penyediaan produk dan layanan kendaraan listrik ke depan. Salah satunya melalui rangkaian program yang memastikan pengalaman memiliki Hyundai EV yang worry-free.

Kehadiran Hyundai Hadir Untukmu: Hyundai Jaga, Hyundai Jamin pastikan pengalaman kepemilikan kendaraan listrik worry-free All New KONA Electric dan SEVEN Concept perlihatkan inovasi EV terkini dari Hyundai Sejalan dengan “Hyundai EV. Expect more.”, HMID menampilkan All New KONA Electric di ajang IIMS 2024 yang dapat menjadi pilihan kendaraan listrik yang lebih versatile bagi konsumen. All New KONA Electric yang diluncurkan secara global pada 2023 hadir sebagai EV SUV yang mampu meningkatkan kepercayaan diri pengguna berkat eksterior yang sleek dan aerodinamik. HMID juga menampilkan SEVEN Concept yang akan menjadi masa depan lini kendaraan listrik Hyundai berkat desainnya yang revolusioner. Hyundai memaksimalkan versatility platform E-GMP untuk menciptakan konsep lounge di interior SEVEN Concept yang memberi pengguna kebebasan untuk mengubah layout kabin sesuai kebutuhan. Vision Roof Display dan layar OLED panoramic menciptakan atmosfer interior yang begitu futuristis untuk menjamin kepuasan selama perjalanan, baik saat menikmati hiburan favorit atau melepas penat dengan beristirahat.

Kehadiran tampilan dari All New KONA Electric dan SEVEN Concept di IIMS 2024 sejalan dengan komitmen HMID untuk terus menghadirkan model kendaraan listrik baru di Indonesia setiap tahun. Dalam gelaran IIMS 2024, Hyundai secara resmi mengumumkan IONIQ 5 Batik yang telah tersedia dalam jumlah terbatas untuk konsumen luas. Sebelumnya, IONIQ 5 Batik telah diperkenalkan di GIIAS 2023 sebagai salah satu bentuk kontribusi Hyundai dalam peringatan 50 tahun hubungan bilateral antara Indonesia dan Korea Selatan. IONIQ 5 Batik menjadi edisi spesial yang menggabungkan teknologi inovatif dari lini kendaraan listrik Hyundai dengan karakteristik khas dari batik yang mewakili tradisi Indonesia.

IONIQ 5

Mobil ini mempersembahkan pola Batik Kawung yang menggabungkan geometris bundar mirip buah kawung dengan pixel parametrik khas Hyundai. Pola ini mencerminkan persatuan dan harmoni sejalan dengan visi global Hyundai, Progress for Humanity, dalam menghadirkan solusi mobilitas unggulan dengan dampak sosial dan lingkungan yang positif. Keterkaitan antara pola Batik Kawung dan desain pixel IONIQ tidak hanya sekadar elemen desain, melainkan juga simbol warisan budaya yang memadukan unsur analog dan digital dalam kendaraan listrik terbaik dari Hyundai Motor Company. Pixel menjadi penghubung antara masa lalu dan masa depan, sesuai dengan visi merek dalam merancang desain kendaraan masa depan dengan inspirasi dari pusaka sejarah. Pola Batik Kawung berwarna abu-abu dapat ditemukan menghiasi bagian hood, roof, sisi mobil, dan pintu belakang. Interior mobil pun didominasi pola Batik Kawung berwarna abu-abu muda dan ornamen metalik berpola Batik Kawung di jok, klakson, dan sandaran lengan. Untuk makin menambah estetika interior IONIQ 5 Batik, Hyundai mendesain pola BatikKawung berwarna cokelat muda atau soga di sandaran lengan mobil dengan dua pilihan pola. Warna soga menggambarkan alam, kesederhanaan, dan kemanusiaan, selaras dengan desain IONIQ 5 yang menggunakan material daur ulang dan ramah lingkungan untuk berbagai komponennya.

IONIQ 5 Batik pun membawa semua keunggulan IONIQ 5 sebagai BEV pertama yang diproduksi massal di Indonesia. IONIQ 5 menawarkan pengalaman berkendara terdepan dengan jarak tempuh 451 km, laju dari 0 ke 100 km/jam dalam 7,4 detik, serta fitur keamanan lengkap dari Hyundai SmartSense. IONIQ 5 juga menggunakan E-GMP yang memungkinkan hadirnya fitur inovatif seperti Vehicle-to-Load (V2L) untuk mengisi daya perangkat elektronik.