Hotel Luar Angkasa dan Tren Traveling yang Akan Hadir di Dekade ini

Travel02 January 2020

By Editorial Team

Hotel Luar Angkasa dan Tren Traveling yang Akan Hadir di Dekade ini

Memasuki dekade baru, sederet tren wisata futuristik dan berkelanjutan mulai mengisi bucket list Anda. Ada apa saja?


Dewasa ini, berwisata menjadi aktivitas yang tak seperti yang Anda pikirkan sebelumnya. Mulai dari hotel vegan, bandara bertabur restoran mewah, hingga hotel di luar angkasa—yang mana yang paling menarik untuk Anda coba?

BERSELANCAR



Berselancar telah lama menjadi aktivitas pantai yang populer, namun gelombang penggemar baru akan datang di tahun mendatang. Sebagai olahraga yang sangat aspiratif, selancar memiliki pertumbuhan eksponensial 2-3 juta peselancar baru per tahun. Sebagai cabang olahraga baru yang akan bersaing di Olimpiade 2020 di Jepang, berselancar akan menerima sorotan global dan menjangkau massa baru. Untuk menyambut hal ini, Wavegarden membuat teknologi gelombang buatan yang dapat menciptakan hingga 1.000 gelombang per jam.

HOTEL VEGAN



Menurut Vegan Society, jika seluruh dunia bebas konsumsi daging pada tahun 2050, kita dapat menyelamatkan delapan juta nyawa manusia dan mengurangi gas rumah kaca hingga dua pertiganya. Ketika semakin banyak orang memilih untuk menghindari daging dan produk hewani (survei oleh Sainsbury pada tahun 2019 meramalkan bahwa 25 persen orang Inggris akan menjadi vegetarian atau vegan pada tahun 2025), permintaan akan hotel yang melayani pilihan itu akan semakin berkembang. Ketika dibuka Juni lalu, Saorsa 1875 menjadi hotel vegan pertama di Inggris, dengan 11 kamar di lokasi Perthshire. Tidak ada selimut dari wol, sutra atau bulu yang muncul di kamar dan restoran ini murni berbasis tanaman.

BANDARA UNTUK PENGGEMAR KULINER



Lewatlah sudah hari-hari di mana transit di antara penerbangan panjang dihabiskan di terminal bandara dengan pilihan makanan yang membosankan. Kini, semakin banyak bandara menyediakan restoran-restoran mewah yang menyajikan makanan enak saat bepergian untuk penumpang yang menunggu. Beberapa bandara sudah menjadi tuan rumah bagi restoran-restoran yang direkomendasikan Michelin seperti Hung's Delicacies di Bandara Internasional Hong Kong, Top Air di Bandara Stuttgart, I Love Paris di Charles de Gaulle, dan Chee Kei di Beijing Daxing International yang baru dibuka. Yang lain membanggakan karya-karya tokoh kuliner, seperti The Kitchen oleh Wolfgang Puck di Bandara Changi Singapura, Michael White's Cotto di Bandara LaGuardia New York, dan The Perfectionist Cafe di Heathrow, Heston Blumenthal.

KEARIFAN LOKAL



Berwisata tidak lagi hanya soal berkeliling kota dan mengambil foto perjalanan wajib di tempat-tempat wisata yang harus dikunjungi; wisatawan juga ingin mengalami kehidupan local maupun berinteraksi dengan orang-orang dan budayanya. Tidak seperti daftar kunjungan yang ditawarkan agen wisata, kegiatan yang menawarkan pengalaman lokal yang unik semakin populer. Airbnb Experiences, misalnya, menawarkan kegiatan unik yang dirancang dan diselenggarakan oleh penduduk setempat, seperti berjalan-jalan di pegunungan di La Cerlangue, Prancis, atau bengkel ukiran segel tradisional Tiongkok di Chaoyang Qu, Tiongkok.


WISATA KAPAL ULANG-ALIK



Tiba saatnya bagi Virgin Galactic untuk mengajak turis untuk melakukan lompatan sub-orbital selama 90 menit ke luar angkasa. Di musim panas 2019, ia menerbitkan foto-foto ruang tunggu barunya di Spaceport America, tempat kosmonot amatir pertama akan mempersiapkan diri untuk naik VSS Unity di beberapa titik selama beberapa bulan mendatang – selama tidak ada aral melintang.

Perusahaan antariksa Amazon, Jeff Bezos, pendiri Blue Origin, berharap dapat meluncurkan uji terbang dengan awak pesawat New Shepard-nya pada tahun 2020 sebagai persiapan untuk mengirimkan turis luar angkasa pertamanya. Space X berencana untuk membawa seorang miliarder Jepang mengelilingi bulan pada tahun 2023 dan 100 penduduk bumi untuk mengunjungi hotel luar angkasa pertama pada tahun 2025. Dibangun khusus untuk penggunaan komersial, Stasiun Luar Angkasa Von Braun Rotating yang terlihat seperti bianglala raksasa akan memiliki bar, restoran dan bahkan tempat tinggal pribadi untuk dijual.