Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Hilangkan Kebiasaan Mendengkur saat Tidur dengan Rutin Lakukan Tips Ini

Wellness08 May 2022

By Shela Dhamayanti

Hilangkan Kebiasaan Mendengkur saat Tidur dengan Rutin Lakukan Tips Ini

Mendengar seseorang ketika mendengkur tentu sangat menyebalkan karena hal ini membuat Anda tidak dapat tidur dengan nyenyak.


Mendengkur atau biasa disebut ngorok terjadi ketika udara udara masuk melalui tenggorokan saat bernapas. Jaringan tenggorokan yang bergetar sehingga menimbulkan suara dengkuran keras. Masalah ini bukan merupakan hal yang serius, tetapi mendengkur menjadi tanda kondisi tertentu. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa permasalahan, seperti obesitas, kurang tidur, obstructive sleep apnea, masalah hidung, dan tenggorokan.

Dengan menyempitnya saluran pernapasan maka akan menghalangi suara pernapasan sehingga mengakibatkan suara dengkuran semakin keras. Untuk menyiasatinya, inilah beberapa cara menghilangkan kebiasaan mendengkur saat tidur.

1. Berhenti Merokok

Sudah jelas bahwa merokok dapat mengganggu saluran pernapasan. Ketika seseorang mengkonsumsi rokok dipercaya suara dengkuran juga akan semakin meningkat secara drastis.

2. Olahraga Teratur

Olahraga mampu mengurangi dengkuran, karena mampu mengencangkan berbagai otot di tubuh, seperti lengan, kaki, perut, dan otot tenggorokan.

3. Ubah Posisi Tidur

Posisi tidur memudahkan pernapasan dan memastikan otot leher lebih luas. Anda dapat mengganti posisi tidur miring untuk mencegah dengkuran yang keras.

4. Membersihkan Saluran Hidung

Saat hidung tersumbat, seseorang cenderung akan mendengkur keras. Untuk mengatasinya, Anda dapat membilas bagian sinus dengan larutan garam sebelum tidur dan akan mengurangi risiko munculnya dengkuran saat tidur.

BACA JUGA: Tips Aman dan Nyaman Berpuasa Bagi Penderita Diabetes